Teror Anjing Hutan alias Ajag Hantui Warga Rongga & Gunung Halu Bandung, Muncul Malam Hari & Subuh

Teror anjing hutan alias ajag hantui warga Rongga dan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat. Muncul saat malam dan subuh.

Teror Anjing Hutan alias Ajag Hantui Warga Rongga & Gunung Halu Bandung, Muncul Malam Hari & Subuh
ISTIMEWA
Kondisi kambing milik warga yang dimangsa ajag di Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, RONGGA - Anjing hutan atau ajak atau yang oleh orang Sunda disebut ajag belakangan ini merasahkan warga Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Ajag kerap memangsa kambing milik warga.

Anjing hutan itu sering muncul saat malam hari dan subuh.

Ajag itu memangsa kambing warga di Kampung Pasir Huni, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, dan di Kampung Cihurang, Cadas, Legokbolang, Warungkupa, semuanya di Desa Bunijaya, Kecamatan Gunung Halu.

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Rongga, Lili Sarifudin, mengatakan, untuk memburu ajag itu, warga pernah membiarkan kambing yang telah mati karena dimangsa, lalu disimpan racun pada tubuhnya.

"Tapi tidak dimangsa oleh anjing-anjing itu, munculnya saat malam dan subuh," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (10/1/2020).

Belakangan ini, kata dia, warga setempat merasa resah dengan adanya kemunculan ajag tersebut, sehingga mereka meminta agar hewan itu segera diburu dan dimusnahkan.

Pasalnya, jika ajag itu terus-terusan muncul dan memangsa ternak milik warga, mereka bisa mengalami kerugian yang cukup besar karena hewan peliharaan mereka seperti kambing mati sia-sia.

"Kalau langkah yang paling efektif untuk memburu ajag itu seharusnya memang dipancing (dijebak) dengan cara dikasih umpan lalu dikasih racun," katanya.

Lili mengatakan, berdasarkan dugaaan sementara, ajag itu lapar sehingga untuk mencari makanan berupa hewan turun dari hutan dan memangsa kambing hidup dengan cara dicabik-cabik.

"Kami upayakan agar anjing liar itu tidak terus memangsa ternak milik warga," kata Lili.

 Warga Rongga KBB Siap Buru Anjing Hutan yang Kerap Memangsa Kambing

 Teror Anjing Hutan di Gununghalu KBB, Warga Menyebutnya Ajag, Memangsa Hewan Peliharaan

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved