PERINGATAN DINI Cuaca Ekstrem Selasa 7 Januari 2020, 18 Wilayah Diprediksi Hujan Disertai Petir

Ada 18 wilayah diperkirakan berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang petir.

PERINGATAN DINI Cuaca Ekstrem Selasa 7 Januari 2020, 18 Wilayah Diprediksi Hujan Disertai Petir
Science Daily
Ilustrasi cuaca ekstrem 

TRIBUNCIREBON.COM- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) secara resmi merilis peringatan dini cuaca ekstrem terkait hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi pada hari ini, Selasa (7/1/2020).

Ada 18 wilayah diperkirakan berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang & petir termasuk Jabodetabek dan Jawa Tengah.

Selain itu diprakirakan sepuluh wilayah berpotensi hujan lebat termasuk Bali dan Kalimantan Tengah.

Ilustrasi hujan petir - Simak prakiraan cuaca BMKG 33 kota besok, Senin 22 April 2019, Jambi dan Pontianak berpotensi cuaca ekstrem hujan petir.
Ilustrasi hujan petir - BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Selasa 7 Januari 2020, Bibit Siklon Tropis Sebabkan Hujan Lebat. (Science Daily)

Peringatan dini cuaca ekstrem tersebut terkait temuan airkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Banten (925/900mb) serta sirkulasi angin tertutup di Kalimantan Barat.

Konvergensi terbentuk memanjang dari Samudera Hindia barat daya Bengkulu hingga selatan Banten, LautJawa hingga Laut Flores, Laut Arafuru, dan di Australia bagian utara.

Belokan angin terdapat di Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Selat Karimata, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua bagian utara.

Low level jet dengan kecepatan angin diperkirakan mencapai lebih dari 25 knot terdapat di Samudera Pasifik utara Papua, Utara Filipina hingga Laut Cina Selatan, dan Samudera Hindia selatan NTT.

Selain itu ditemukan bibit siklonis akibat daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah selatan NTT (91S) dengan potensi menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan tinggi.

Bibit siklon tropis lainnya yakni ditemukan di Laut Arafuru (92S) dengan potensi menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan rendah.

Berikut wilayah diprakirakan berpotensi terjadi hujan lebat dan hujan lebat disertai angin kencang serta petir sebagimana dikutip Tribunnews.com dari BMKG.go.id.

Halaman
1234
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved