Banjir Rob di Indramayu

BREAKING NEWS - Banjir Rob Rendam di Desa Eretan Kulon Indramayu, Ketinggian 40 Sentimeter

Hingga saat ini pihaknya masih melakukan pengecekan bersama pihak kepolisian dan Koramil Kandanghaur.

Istimewa
Tagana Kabupaten Indramayu bersama pihak kepolisian dan Koramil Kandanghaur saat mengecek lokasi pemukiman warga yang terendam banjir rob di Desa Eretan Kulo, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Senin (6/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Pemukiman warga di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu terendam banjir rob, Senin (6/1/2020).

Banjir rob itu mulai merendam pemukiman warga sekitar pukul 06.00 WIB, dengan ketinggian banjir mencapai 40 sentimeter atau selutut orang dewasa.

Koordinator Lapangan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Indramayu, Waminuddin mengatakan, banjir rob itu diakibatkan oleh pasangnya air laut.

Terlebih Desa Eretan Kulon yang berbatasan langsung dengan laut utara Pulau Jawa itu, disebutkan Waminuddin mengalami abrasi.

"Untuk sekarang alhamdulillah sudah mulai surut, tadi banjir rob dari laut (lagi pasang), ombaknya juga besar dan ada yang abrasi juga," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, belum diketahui secara pasti berapa rumah yang terendam akibat banjir rob tersebut.

Hingga saat ini pihaknya masih melakukan pengecekan bersama pihak kepolisian dan Koramil Kandanghaur.

 Masih Ada 3 Kapal China di Perairan Natuna, di Antaranya Kapal Coast Guard

"Kami pengecekan baru di sini saja, karena di sini yang terparah, kalau di lihat dari satu desa itu ada lebih dari seratus rumah," ucapnya.

Dalam hal ini, disampaikan Waminuddin, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu untuk membuat tanggul sementara.

 Smartphone atau HP Seperti Ini Tak Bisa Pakai WhatsApp Lagi Bulan Depan, Gini Cara Mengeceknya

Tanggul sementara itu akan dibuat dari karung pasir yang difungsikan sebagai waterbreak guna mencegah banjir rob kembali merendam pemukiman warga di desa setempat.

"Yang abrasi, sementara ini kita akan berkoordinasi dengan BPBD untuk dibuatkan waterbreak dari karung pasir sebagai tanggul," ujarnya.

 Gedung 4 Lantai di Jakarta Ambruk, Ini Foto-foto dan Videonya

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved