Penemuan Bungker di Indramayu

VIDEO - Temuan 3 Bungker Tentara Jepang Gegerkan Warga Desa Dadap Indramayu

Namun, karena kurang perhatiannya masyarakat dan pemerintah desa saat itu, sehingga baru sekarang dilakukan penyelamatan. "Kalau pengakuan warga itu,

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Temuan tiga buah bangunan yang diduga Pillbox atau bungker perlindungan tentara Jepang menggegerkan warga di Blok Baro Buntung, Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu.

Kuwu Dadap, Asyriqin Syarif Wahadi mengatakan, dari tiga bungker perlindungan tentara Jepang yang ditemukan, baru satu buah yang muncul ke daratan, pada Kamis 2 Januari 2020 kemarin.

Tinggalan-tinggalan sejarah tentara Jepang ini ditemukan di laut sekitaran pantai Desa Dadap, bangunan itu muncul saat air laut tengah surut.

Hal ini mengingat, pesisir pantai Desa Dadap mengalami abrasi cukup panjang, yakni sekitar 1 kilometer dan membuat bangunan berupa bungker itu tenggelam di laut.

"Dua laginya masih di laut belum diangkat," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Jumat (3/1/2020).

Asyriqin Syarif Wahadi menjelaskan, penemuan sejarah ini sebenarnya sudah diketahui warga sejak tahun 1975 silam.

Namun, karena kurang perhatiannya masyarakat dan pemerintah desa saat itu, sehingga baru sekarang dilakukan penyelamatan.

"Kalau pengakuan warga itu, sudah dari tahun 75 sudah kelihatan, tapi saat itu masyarakat masih mengabaikan termasuk pemerintah desa, kita sekarang berinisiasi untuk menggali sejarah," ucapnya.

Disampaikan Asyriqin Syarif Wahadi, berdasarkan penuturan para sesepuh desa, ada sebanyak 8 buah bungker perlindungan tentara Jepang yang ada di Desa Dadap.

TACB Kabupaten Indramayu saat melakukan penelitian terhadap temuan Pillbox atau Bungker perlindungan tentara Jepang di Blok Baro Buntung, Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jumat (3/1/2020).
TACB Kabupaten Indramayu saat melakukan penelitian terhadap temuan Pillbox atau Bungker perlindungan tentara Jepang di Blok Baro Buntung, Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jumat (3/1/2020). (Tribuncirebon.com/ Handhika Rahman)
Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved