Breaking News:

Penemuan Bungker di Indramayu

Tim Ahli Cagar Budaya Indramayu Meminta Balai Arkeolog Jabar Untuk Meneliti Temuan Tiga Bungker

Hal ini dilakukan guna memastikan sejarah dari benda yang disebut-sebut sebagai peninggalan tentara Jepang oleh warga setempat tersebut.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mumu Mujahidin
Tribun Cirebon/ Handhika Rahman
TACB Kabupaten Indramayu saat melakukan penelitian terhadap temuan Pillbox atau Bungker perlindungan tentara Jepang di Blok Baro Buntung, Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jumat (3/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Temuan benda bersejarah yang diduga Pillbox atau Bungker perlindungan tentara Jepang menjadi temuan menarik di Kabupaten Indramayu.

Bungker perlindungan tentara Jepang ini ditemukan di laut di pesisir pantai Blok Baro Buntung Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu pada Kamis (2/1/2020) kemarin.

Ketua Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu, Dedy S Musashi mengatakan, pihaknya akan segera menghubungi tim dari Balai Arkeologi (Balar) Jawa Barat dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten Serang untuk melakukan pengkajian.

Tiga Bungker Bersejarah di Indramayu Akan Disulap Menjadi Spot Foto yang Instagramable Banget

Tiga Bungker Bersejarah Diduga Bekas Tentara Jepang Ini Membuktikan Desa Dadap Kaya Akan Sejarah

BREAKING NEWS Muncul ke Permukaan Laut Tiga Bungker Bersejarah Gegerkan Warga Desa Dadap Indramayu

Hal ini dilakukan guna memastikan sejarah dari benda yang disebut-sebut sebagai peninggalan tentara Jepang oleh warga setempat tersebut.

"Pertama kita akan melaporkan temuan masyarakat ini ke instansi terkait, dalam hal ini Balai Arkeologi (Balar) Jawa Barat dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten Serang untuk melakukan pengkajian," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Jumat (3/1/2020).

Penelitian lebih lanjut terhadap Bungker ini juga akan menjelaskan sejarah panjang Desa Dadap yang konon disebut sebagai salah satu pelabuhan tua di pesisir Pulau Jawa.

"Temuan ini sangat menarik untuk dapat mengungkap kekunaan Dadap yang konon dikenal sebagai salah satu pelabuhan tua di pesisir Pulau Jawa," ujar dia.

TACB Kabupaten Indramayu saat melakukan penelitian terhadap temuan Pillbox atau Bungker perlindungan tentara Jepang di Blok Baro Buntung, Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jumat (3/1/2020).
TACB Kabupaten Indramayu saat melakukan penelitian terhadap temuan Pillbox atau Bungker perlindungan tentara Jepang di Blok Baro Buntung, Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jumat (3/1/2020). (Tribuncirebon.com/ Handhika Rahman)

Berdasarkan penelitian awal, dijelaskan Dedy S Musashi, terdapat bukti-bukti yang menguatkan benda tersebut sebagai benda peninggalan tentara Jepang dahulu.

Di antaranya, yakni bentuk bangunan Bungker ini terbuat dari batu dan kawat yang dicor sehingga menyerupai benteng perlindungan lengkap dengan dua buah lubang pengintai dan satu lorong sebagai pintu masuk.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved