Kesehatan

Budaya Organisasi dan Kompensasi Non Finansial Pengaruhi Kinerja Tenaga Kesehatan Hingga 51 Persen

Hal tersebut diungkapkan oleh R Mia Ersa, yang baru menyelesaikan studi magister manajeman rumah sakit, di Universitas Islam Bandung.

Budaya Organisasi dan Kompensasi Non Finansial Pengaruhi Kinerja Tenaga Kesehatan Hingga 51 Persen
Istimewa
R Mia Ersa 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Masyarakat Kota Cimahi pada tahun 2017-2018 lebih banyak memilih rumah sakit dibanding ke Puskesmas untuk berobat jalan.

Hal tersebut diungkapkan oleh R Mia Ersa, yang baru menyelesaikan studi magister manajeman rumah sakit, di Universitas Islam Bandung.

Di tugas akhirnya Mia melakukan penelitian menggunakan metode studi kasus dengan populasi tenaga kesehatan (dokter, bidan dan perawat) yang berstatus ASN, kemudian sampel yang diambil sebanyak 112 orang dan data diolah oleh statistika.

"Hasilnya budaya organisasi dan kompensasi non finansial mempengaruhi kinerja tenaga kesehatan sampai 51.7%," ujar Mia kepada Tribun Jabar, Kamis (26/12/2019).

Tugas akhir mojang asal Cimahi ini diberi judul, Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompensasi Non Finansial, Terhadap Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Cimahi.

"Saya melakukan penelitian budaya organisasi di puskesmas se Kota Cimahi karena secara teori budaya organisasi, kaitannya erat dengan kinerja," ucap mantan atlet Tarung Drajat, yang kini sudah menjadi pelatih.

Menurut Mia, dari hasil wawancaranya, kompensasi secara finansial untuk tenaga kesehatan di puskesmas dianggap sudah cukup karena seluruh sampel penelitian merupakan pegawai ASN.

Sidang Keempat Anak Bupati Majalengka Irfan Nur Alam Digelar, Agenda Pembacaan Tuntutan Terdakwa

BREAKING NEWS Sidang Keempat Irfan Nur Alam, Anak Bupati Majalengka Digelar Hari Ini

Sebanyak 474 CPNS Dilantik Menjadi PNS, Bupati Cirebon: Harus Memberikan Pelayanan Terbaik

"Namun kompensasi non finansial harus ditingkatkan kembali, misalnya penghargaan atau pengakuan untuk pegawai berprestasi dan meningkatkan fasilitas untuk pegawai seperti kantin, ruang asi, dan wifi," kata Mia.

Mia mengaku, dari hasil penelitiannya di 13 puskesmas yang ada di Kota Cimahi terdapat pengaruh budaya organisasi dan kompensasi non finansial kepada kinerja tenaga kesehatan.

Maka dari hasil penelitian tersebut dapat bermanfaat bagi banyak pihak salah satunya pihak manajeman di setiap puskesmas.

5 FAKTA Tsunami Aceh Yang Terjadi 15 Tahun & Kabar Martunis, Anak Angkat Cristiano Ronaldo

Baru Menikah, Vanessa Angel Kesal Dipaksa Suami Lakukan Hal Ini di Depan Kamera

Mia mengatakan, diharapkan bisa membangun dan menjaga budaya organisasi yang sudah ada, sebab semakin kuat budaya organisasi, semakin baik kinerjanya para pegawainya.

"Ternyata kompensasi non finansial juga dapat mempengaruhi kinerja tenaga kesehatan. Jadi kompensasi non finansial yang diberikan dapat menjadi strategi peningkatan kinerja ," ucapnya.

Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved