Kesehatan

Positif dan Negatif KB Spiral, Anda yang Memilih Alat Kontrasepsi Ini Baca Dulu Sebelum Menyesal

KB spiral atau sering juga disebut intrauterine device (IUD) merupakan alat kontrasepsi berbahan dasar plastik yang bentuknya seperti huruf T.

Positif dan Negatif KB Spiral, Anda yang Memilih Alat Kontrasepsi Ini Baca Dulu Sebelum Menyesal
NET
Ilustrasi KB spiral 

TRIBUNCIREBON.COM - KB spiral atau sering juga disebut intrauterine device (IUD) merupakan alat kontrasepsi berbahan dasar plastik yang bentuknya seperti huruf T.

//

Alat ini akan dimasukkan ke dalam rahim Anda. Pada alat ini terdapat tali yang akan menggantung dari leher rahim hingga ke dalam vagina Anda.

Sebelum memasukkan KB spiral ke dalam rahim, dokter bisa memberikan bius lokal atau obat pereda sakit untuk diminum. Proses pemasangan KB spiral hanya berlangsung sekitar 15 hingga 20 menit.

Seperti dikutip alodokter.com, jenis KB ini sendiri ada dua, yaitu KB spiral berlapis tembaga dan yang mengandung hormon.

Ilustrasi
Ilustrasi (wikiHow)

KB spiral berlapis tembaga

KB ini mengandung tembaga dan tidak mengandung hormon. Efektifitas KB ini dapat mencegah kehamilan hingga 10 tahun sejak pemasangan pada hari pertama.

Cara kerja KB ini mencegah pembuahan pada sel telur, yaitu dengan melepaskan unsur tembaga secara perlahan-lahan. Tembaga di dalam rahim menghalang sel-sel sperma untuk naik dan mencapai sel telur.

Dengan demikian, KB spiral tembaga mencegah terjadinya pembuahan.

KB spiral mengandung hormon

Halaman
1234
Penulis: Fauzie Pradita Abbas
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved