Breaking News:

Berita Cirebon

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polresta Cirebon dan Dishub Kabupaten Cirebon Sidak ke PO Bus

Satuan Lalu Lintas Polresta Cirebon dan Dishub Perhubungan Kabupaten Cirebon, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PO Bus Sahabat.

Tribuncirebon.com/Hakim Baihaqi
Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019, Satuan Lalu Lintas Polresta Cirebon dan Dishub Perhubungan Kabupaten Cirebon, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PO bus Sahabat di Jalan Otista, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Rabu (18/12/2019). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019, Satuan Lalu Lintas Polresta Cirebon dan Dishub Perhubungan Kabupaten Cirebon, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PO bus Sahabat di Jalan Otista, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Rabu (18/12/2019).

Dalam sidak tersebut, petugas melakukan penindakan, pemeriksaan kesehatan sopir kendaraan angkutan umum, dan tes urine.

Gara-gara Sopir Merokok Setelah Isi Bensin, Mobil ini Terbakar Hebat di SPBU Jumbleng Indramayu

VIDEO Detik-detik Evakuasi Wanita yang Setengah Badannya Terkubur Reruntuhan Akibat Ditabrak Truk

Kasat Lantas Polresta Cirebon, AKP Elsie Fitira Angraini, sidak tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan dan kelayakan angkutan umum yang akan beroperasi pada Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020.

"Melihat kesiapan apakah kendaraan dan sopir siap untuk beroperasi. Jadi, kalau ada yang harus diganti diminta untuk mengganti. Karena momen tersebut banyak yang mudik," kata Elsie

Elsie menambahkan, banyak kecelakaan yang menimpa sopir terjadi karena kelalain, mulai dari mengantuk, tidak menguasai medan, atau pun terpengaruh alkohol serta narkoba.

Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019, Satuan Lalu Lintas Polresta Cirebon dan Dishub Perhubungan Kabupaten Cirebon, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PO Bus Sahabat di Jalan Otista, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Rabu (18/12/2019).
Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019, Satuan Lalu Lintas Polresta Cirebon dan Dishub Perhubungan Kabupaten Cirebon, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PO Bus Sahabat di Jalan Otista, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Rabu (18/12/2019). (Tribuncirebon.com/Hakim Baihaqi)

Balita Ditemukan Tewas Tanpa Kepala & Organ Vital Ada Yang Hilang, Sang Ayah Ungkap Kejanggalan Ini

"Ini sangat penting untuk sopir dan perusahaan harus terus melakukan peremajaan," katanya.

Kasi Pengujian Kendaraan Dishub Kabupaten Cirebon, Eddy Suzendi, hasil dari pengecekan, sebagian besar kendaraan umum di PO Sahabat tidak memiliki alat pemadam api ringan (APAR).

"Kalau pun ada, sebagian besar dari mereka juga tidak paham menggunakannya," katanya.

Makan Konate Mengaku Betah Tinggal di Indonesia karena Banyak Masjid, Memudahkan Beribadah Katanya

Edi menambahkan, pihaknya mengimbau kepada pihak PO bus untuk melakukan pengecekan setiap satu kali ritase dan melakukan pengujian setiap enam bulan satu kali.

"Harus memliliki SOP sesuai aturan. Karena indikator keselamatan itu adalah, kendaraan ,manusia, dan lingkungan yang baik," katanya.

Tidak hanya momen Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Dishub Kabupaten Cirebon rutin melakukan pengecekan ke PO bus untuk menguji kelayakan kendaraan.

KISAH Pasangan Suami Istri Tak Pernah Berhubungan Intim, Padahal Telah 11 Tahun Menikah

Sebagian PO bus, kata Eddy, melakukan pelanggaran, mulai dari tidak melakukan penggantian bagian rusak, mengubah bagian mesin tidak sesuai, dan tidak mengecek KIR secara berkala.

"Dari 400 lebih jumlah kendaraan, sebagiannya ada yang tidak layak jalan," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved