Breaking News:

HUJAN Deras Sungai Citarum Meluap, Begitu Terowongan Nanjung Dibuka, Air Pun Langsung Surut

Terowongan ini berfungsi meningkatkan kapasitas aliran Sungai Citarum di kawasan Nanjung yang semula 570 meter kubik per detik, menjadi 669 meter kubi

Istimewa
Proyek pembuatan terowongan Curug Jompong di Nanjung Kabupaten Bandung akan rampung pada akhir 2019 ini. 

Laporan Wartawan Tribun, M Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Hujan deras yang turun merata di Bandung Raya dan sekitarnya menyebabkan tinggi permukaan air Sungai Citarum sempat naik menjadi 660,2 meter di atas permukaan laut (mdpl), Selasa (17/12).

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum pun langsung mengoperasikan Danau Retensi Cieunteung dan membuka satu pintu air Terowongan Nanjung untuk mempercepat aliran air Citarum di Curug Jompong.

Kepala BBWS Citarum, Bob Arthur Lombogia, mengatakan hujan yang turun deras dan merata dari siang sampai malam hari tersebut membuat air dari anak-anak sungai mengalir deras ke Sungai Citarum.

Saat ketinggian air di Citarum mencapai puncaknya, pihaknya pun membuka satu dari dua Terowongan Nanjung pada pukul 23.14.

"Kami langsung bergerak, satu terowongan kami buka. Karena hujan terus turun dan air mengalir deras ke Citarum dari mana-mana, Pukul 00.00 dan 02.30 ketinggian air masih 660,2 mdpl. Tapi pagi ini (08.00), ketinggian air sudah turun jadi 559,06 mdpl, jadi turun 1,14 meter dalam beberapa jam," kata Bob saat dihubungi, Rabu (18/12).

Bob mengatakan penurunan permukaan air Sungai Citarum ini terbilang lebih cepat daripada sebelum pengoperasian satu terowongan tersebut.

Satu terowongan ini dibuka secara manual karena memang masih dalam pengerjaan. Kedua terowongan baru bisa dioperasikan maksimal pada awal 2020.

"Kalau air besar sekali, baru buka dua-duanya. Kita belum maksimal memakai keduanya karena ada pembenahan alat di pintu airnya. Sebetulnya itu kami buka secara manual, seharusnya elektrikal mekanikal. Sementara dirangkai alat elektrikal mekanikalnya, kita semalam buka pintu secara manual," katanya.

Semalam pun, katanya, pihaknya mengoperasikan Danau Retensi Cieunteung dengan mengoperasikan pompanya secara maksimal. Akhirnya, kawasan di sekitar Sungai Cigado pun tidak terkena banjir.

Halaman
123
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved