Anak Bupati Majalengka Tembak Kontraktor

Sidang Perdana Irfan Nur Alam Digelar Kemarin, Hadirkan 12 Saksi

Sang terdakwa, Irfan Nur Alam beserta dua temannya yang membantu, Soleh dan Udin juga dihadirkan dalam persidangan ini.

Sidang Perdana Irfan Nur Alam Digelar Kemarin, Hadirkan 12 Saksi
Kolase
Irfan Nur Alam dan Karna Sobahi 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Sidang perdana kasus penembakan yang melibatkan anak Bupati Majalengka, Irfan Nur Alam terhadap seorang kontraktor asal Bandung digelar Senin (16/12/2019).

Sidang yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri kelas II Kabupaten Majalengka itu dimulai pukul 14.00 WIB hingga sekitar pukul 21.00 WIB.

Sang terdakwa, Irfan Nur Alam beserta dua temannya yang membantu, Soleh dan Udin juga dihadirkan dalam persidangan ini.

Penasihat Hukum Irfan, Kristiawanto mengatakan, sidang yang dipimpin oleh Eti Koerniati ini, membacakan keterangan saksi dan pemaparan fakta-fakta.

Dikatakan dia, ada belasan saksi juga yang dihadirkan dalam sidang tersebut.

"Sidang berlangsung dengan lancar, kita ikuti persidangan sesuai dengan agenda yang sudah dijadwalkan. Sidang tadi menghadirkan setidaknya 12 saksi," ujar Kristiawanto setelah sidang, Senin (16/12/2019).

Menurutnya, kliennya tersebut tidak melakukan penganiayaan, penodongan dan penembakan terkait utang piutang yang termuat dalam dakwaan.

"Jadi hari ini pembacaan dakwaan, dalam pembacaan dakwaan ini klien kami didakwa dengan pasal 170 ayat 1 tentang pengeroyokan dan pasal 360 tentang kelalaian," ucap dia.

Lanjut Kristiawanto, terkait adanya perubahan pasal yang menjerat kliennya tersebut, dari pasal 170 KUHP juncto UU No 12 1951 yaitu tentang penyalahgunaan senjata api, dirinya menyebut hal itu berawal dari spekulasi.

Namun, seiring perkembangan bukti-bukti dan keterangan saksi, tahapan criminal justice system itu masih akan dapat berubah.

"Inilah sistem peradilan pidana di Indonesia ada tahapan-tahapan yang memungkinkan adanya perubahan jadi tidak langsung final," kata Kristiawanto.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved