Penggusuran di Tamansari Bandung

Ridwan Kamil Klaim 90 Persen Warga Tamansari Kota Bandung Setuju Kawasan Kumuh Ditata

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyesalkan adanya ekses negatif yang terjadi dalam proses penertiban Tamansari, Kota Bandung

Ridwan Kamil Klaim 90 Persen Warga Tamansari Kota Bandung Setuju Kawasan Kumuh Ditata
Tribun Jabar - Tribunnews.com
Beberapa warga terdampak eksekusi lahan RW 11 Tamansari memilih bertahan dan tinggal sementara di lantai dua Masjid Al-Islam, Jumat (13/12/2019) /Cipta Permana. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyesalkan adanya ekses negatif yang terjadi dalam proses penertiban Tamansari, Kota Bandung, Jumat (13/12/2019).

Emil, sapaan Ridwan Kamil, berharap permasalahan Tamansari dapat segera diselesaikan sesuai aturan yang berlaku dan penataan kawasan kumuh dapat segera dilaksanakan karena 90 persen warganya sudah setuju.

Emil yang sempat menjabat sebagai Wali Kota Bandung ini menceritakan kronologis upaya penataan kawasan kumuh di Tamansari tersebut yang sudah diinisiasi sejak tahun 2007, saat Wali Kota Bandung Dada Rosada menjalankan program Kementerian Perumahan Rakyat saat itu.

"Proses ini dilanjutkan finalisasinya oleh saya pribadi selaku Wali Kota Bandung terdahulu dan sekarang dieksekusi oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial," kata Ridwan Kamil melalui ponsel, Jumat (13/12/2019) malam.

Wali Kota Bandung Oded M Danial, katanya, sudah beritikad baik dengan menemui langsung warga terdampak dan memberikan solusinya.

Kondisi wilayah Tamansari RW 11 Kota Bandung dari Jembatan Layang Pasupatu, Kamis (12/12/2019)
Kondisi wilayah Tamansari RW 11 Kota Bandung dari Jembatan Layang Pasupatu, Kamis (12/12/2019) (Tribun Jabar/ Daniel Andreand Damanik)

Mereka akan diberi kontrakan selama setahun, selama pembangunan berlangsung, seperti halnya mayoritas 176 keluarga yang sudah pindah sementara terlebih dahulu untuk nanti kembali lagi tinggal di kawasan yang sudah ditata.

 Setelah Menggusur Rumah di Tamansari, Malam Harinya Wali Kota Bandung Temui Warga di Sana

 VIDEO PENGGUSURAN DI TAMANSARI, Penjelasan Oded Pasca Penertiban Warga RW 11 Tamansari Bandung

"Jika pembangunan selesai, maka para warga penyewa lahan negara tersebut akan kembali ke area milik negara tersebut dan mendapatkan hak mendapatkan unit hunian yang lebih luas, lebih sehat, jauh dari kekumuhan dan lebih manusiawi," ujarnya.

Program yang dibiayai oleh APBD ini bermaksud membangun unit hunian yang lebih sehat, lebih manusiawi, dan lebih banyak, sehingga memberi kesempatan warga Kota Bandung lainnya yang masih tinggal di kawasan kumuh, untuk bisa tinggal di Tamansari dengan harga terjangkau.

"Sungguh niat yang sesungguhnya pro rakyat kecil," ucap Ridwan Kamil.

Halaman
12
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved