Breaking News:

Siswa-Siswi SMA di Indramayu Dilema Antara Pilih Ujian Nasional atau Tidak?

Seorang siswi kelas XI IPA 2, Shifa Putri Utami (16) mengatakan, dihapuskannya UN membuat dirinya dilema antara senang dan tidak senang.

Tribun Cirebon/ Handhika Rahman
Siswa-siswi SMA Negeri 1 Sindang Indramayu saat hendak pulang sekolah, Kamis (12/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com. Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Perasaan dilema menyelimuti siswa-siswi di SMA Negeri 1 Sindang Indramayu terkait akan dihapuskannya Ujian Nasional (UN) pada tahun 2021 mendatang.

Seperti diketahui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Nadiem Makarim akan mengeluarkan kebijakan pendidikan merdeka belajar, salah satunya adalah menghapus UN.

Seorang siswi kelas XI IPA 2, Shifa Putri Utami (16) mengatakan, dihapuskannya UN membuat dirinya dilema antara senang dan tidak senang.

"Kalau saya sih seneng gak seneng ya, soalnya kalau dihapusin gitu kita mau dapat nilai kemampuan standar kita dari mana?" ujar dia kepada Tribuncirebon.com saat ditemui di sekolahnya, Kamis (12/12/2019).

Di sisi lain, disampaikan Shifa Putri Utami dirinya juga merasa senang karena jika kelak sudah menginjak bangku kelas XII tidak akan dipusingkan dengan menghapal materi untuk UN.

Nilai lebihnya, Shifa Putri Utami beserta rekan-rekan seangkatan lainnya hanya perlu fokus belajar untuk persiapan diri melanjutkan pendidikan ke jenjang bangku perkuliahan saja.

"Jujur mah mau sih ikut UN," ucap dia.

Sementara itu, seorang Siswa Kelas XII IPA 2, Dai Ramadhan (18) mengatakan, dirinya tidak setuju dengan wacana penghapusan UN.

HARBOLNAS 2019: Jadwal Promo Shopee 12.12 Birthday Sale dan Promo Menarik dari Gojek

VIRAL Seorang Wanita Diseret Tujuh Orang Pria di Sumba Untuk Dipaksa Kawin, Cek Fakta Sebenarnya

Menurutnya jika UN dihapuskan tidak ada ujian pokok yang dapat dijadikan patokan untuk mengukur nilai standar bagi siswa-siswi.

"Cemburu sih pasti ada karena kelas bawah tidak UN," ujar dia.

Menepis kecemburuan itu, Dai Ramadhan berpendapat, ia beserta rekan seangkatannya masih beruntung karena memiliki kesempatan untuk mengukur nilai standar kelulusan melalui UN.

Lanjut dia, kedepan mungkin saja akan ada ujian lain serupa dengan UN untuk mengukur nilai standar adik-adik kelasnya yang tidak bisa merasakan UN.

VIRAL Bocah Ngamuk Tendang Mobil Saat Ibunya Tertabrak dan Marahi Si Penabrak

"Gak tahu juga kan kedepannya kalau UN dihapus nanti akan ada apa lagi kita tidak tahu, barangkali ada yang lain," ucap dia.

"Intinya sih keberatan juga sih," ujar Dai Ramadhan.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved