Makam Kuno Syekh Abdurrahman di Indramayu Akhirnya Diresmikan, Ini Sejarahnya

Makam kuno yang diketahui merupakan makam Syekh Abdurrahman di Blok Langgen Desa Kiajaran Wetan, Kabupaten Indramayu akhirnya diresmikan.

Makam Kuno Syekh Abdurrahman di Indramayu Akhirnya Diresmikan, Ini Sejarahnya
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Lokasi makam kuno makam Syekh Abdul Rahman 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDAMAYU - Makam kuno yang diketahui merupakan makam Syekh Abdurrahman di Blok Langgen Desa Kiajaran Wetan, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu akhirnya diresmikan.

Makam itu diresmikan oleh pemerintah desa setempat dan dipimpin langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Buntet Cirebon KH Sayyid M Abbas bin Fuad Hasyim MA pada Senin 9 Desember 2019 lalu.

VIRAL Pria Terobos Jalan Tol Pakai E-toll Berakhir Kesal, Kasus Lainnya Bikin Geleng-geleng Kepala

PRIA Ini Bunuh Wanita dan Makan Otak Korban, Diduga Kesal Karena Diajak Bicara Bahasa Inggris

Diketahui KH Sayyid M Abbas bin Fuad Hasyim MA adalah kiyai yang memberi tahu informasi bahwa ada sebuah makam seorang Waliyullah asal cirebon di desa setempat.

Untuk mengetahui lokasi tersebut masyarakat diminta untuk memenuhi 4 buah persyaratan agar makam kuno itu dapat ditemukan.

Empat syarat itu yakni, membuat mushola di kawasan tempat pemakaman umum Desa Kiajaran Wetan, rutin mengkhatamkan Al-Quran minimal satu bulan sekali, memperbaiki akses jalan menuju lokasi tempat pemakaman, dan membuat pagar di sekeliling pemakaman.

Dosen Cantik Ini Siap Wujudkan Mimpi Seven Summit Indonesia, Tinggal Dua Gunung yang Belum Didaki

Hadir pula dalam peresmian itu Wakil Ketua
DPRD Kabupaten Indramayu, M Sholihin, pemerintah kecamatan, tokoh ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta masyarakat sekitar.

Lokasi penemuan makam kuno yang diduga makam Syekh Abdul Rahman yang meninggi secara sendirinya di kawasan tempat pemakaman umum di Blok Langgen, Desa Kiajaran Wetan, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Rabu (19/11/2019).
 makam kuno yang diduga makam Syekh Abdurrahman di Blok Langgen, Desa Kiajaran Wetan, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu (Tribuncirebon.com/Handhika Rahman)

Kuwu Desa Kiajaran Wetan, Ondi Casrudi menyampaikan, peresmian makam Syekh Abdurrahman diawali dengan tausiah agama
yang dibawakan oleh KH Sayyid M Abbas bin Fuad Hasyim MA.

Dalam tausiyahnya KH Sayyid M Abbas bin Fuad Hasyim MA berpesan agar masyarakat senantiasa menjaga, merawat serta memperbanyak berdoa.

UN Dihapus, Kepsek SMAN 1 Sindang Indramayu Minta Pemerintah Buat Program Pengganti Yang Lebih Baik

Ia juga menegaskan agar makam Syekh Abdurrahman tidak dijadikan sebagai tempat ritual meminta yang bertentangan dengan akidah agama.

Halaman
123
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved