Politik

Kartu Prakerja Bakal Diuji Coba di Kota Bandung Maret 2020, Pengangguran Bisa Dapat Duit Rp 7 Juta

Rencananya, uji coba program kartu prakerja di Kota Bandung dilakukan pada Maret hingga April 2020.

Kartu Prakerja Bakal Diuji Coba di Kota Bandung Maret 2020, Pengangguran Bisa Dapat Duit Rp 7 Juta
Kolase Tribun Jabar/Kompas TV
Kartu Prakerja janji Jokowi dan Maruf Amin 

TRIBUNCIREBON.COM - Jakarta dan Kota Bandung menjadi wilayah yang akan dijadikan pilot project atau uji coba implementasi program kartu prakerja.

Rencananya, uji coba program kartu prakerja di Kota Bandung dilakukan pada Maret hingga April 2020.

”Februari ada penjelasan publik dalam bentuk website. Maret uji coba," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto usai rapat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Nantinya, implementasi kartu prakerja menyasar berbagai kota satu bulan selanjutnya. Adapun peluncuran secara nasional di seluruh daerah dilakukan pada Agustus 2020.

Airlangga menyebut, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10 triliun untuk kartu prakerja. Setiap peserta akan mendapatkan jatah Rp 3 sampai 7 juta.

Uang tersebut akan digunakan untuk keperluan selama pelatihan. ”Standarnya Rp 3-7 juta, ini murni pelatihan tenaga kerja. Kalau modal ada kredit usaha rakyat,” ujarnya.

Airlangga juga menjelaskan bahwa saat ini pemerintah tengah menggodok Peraturan Presiden atau Perpres yang mengatur tentang pelaksanaan kartu prakerja.

Perpres itu ditargetkan rampung pada Desember ini. Setelah itu, pemerintah menyiapkan project management office (PMO) serta learning ekosistem yang dibangun oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Kartu prakerja ditargetkan untuk 2 juta tenaga kerja. Pemerintah juga akan membuat mekanisme untuk melakukan pencarian dan menyediakan lembaga pelatihan yang terakreditasi.

Airlangga menambahkan, program pelatihan yang akan dibuka antara lain kompetensi digital, lifestyle, fotografi, properti, pertanian, penjualan, perbankan, industri kreatif dan bidang-bidang yang dibutuhkan dunia industri.

Halaman
123
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved