Sebanyak 1.993 Warga Kabupaten Cirebon Terjangkit Penyakit AIDS, Dinkes Beberkan Hal Ini

Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, mengatakan, jumlah tersebut berhasil. . .

Sebanyak 1.993 Warga Kabupaten Cirebon Terjangkit Penyakit AIDS, Dinkes Beberkan Hal Ini
Kolase
Ilustrasi HIV/AIDS 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Hakim Baihaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, mencatat, sebanyak 1.993 warga dinyatakan positif mengidap acquired immune deficiency syndrome (AIDS), tersebar di 40 kecamatan.

Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, mengatakan, jumlah tersebut berhasil dihimpun hingga Desember 2019 dan meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Jumlahnya meningkat lebih dari 100 orang, tahun lalu 1.812 orang. Menimpa usia-usia produktif," kata Enny saat ditemu pada peringatan Hari AIDS Sedunia di Kantor Bupati Cirebon, Jalan Sunan Bonang, Kecamatan Sumber, Senin (9/12/2019).

Enny mengatakan, penyebab jumlah pengidap AIDS di Kabupaten Cirebon terus mengalami peningkatan, karena kurangnya pengetahuan tentang bahayanya penyakit tersebut.

Sedangkan faktor lainnya, kata Enny, kuatnya pengaruh lingkungan, sehingga tetap melakukan hubungan atau aktivitas yang menyebabkan munculnya penyakit tersebut.

"70 persen dari total tersebut di antaranya menimpa laki-laki yang berhubungan sesama jenis dan sisanya perempuan," katanya.

Upaya menekan angka tersebut, kata Enny, pihaknya bekerjasama dengan sejumlah komunitas yang ada di Kabupaten Cirebon untuk mengedukasi tentang penyakit AIDS.

Enny mengatakan, sosialisasi pun tidak hanya dilakukan dengan cara mengunjungi tempat-tempat komunitas tersebut, melainkan ke sejumlah tempat hiburan malam.

Di Kabupaten Cirebon, pemerintah daerah telah menyediakan layanan kesehatan untuk pengidap AIDS sebanyak 49 tempat, yakni di puskesmas, rumah sakit, dan lembaga pemasyarakatan.

"2020, semua puskesmas didorong untuk bisa memberikan pelayanan bagi penderita AIDS," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved