Awas Warga Cimahi Diteror Tawon Vespa Affinis, Menyerang dan Memakan Beberapa Korban

Indrahadi mengaku kasus teror tawon itu, sempat memakan beberapa warga Kota Cimahi yang menjadi korban, namun masih bisa terselamatkan

Awas Warga Cimahi Diteror Tawon Vespa Affinis, Menyerang dan Memakan Beberapa Korban
(Istimewa/Dokumentasi Damkar Kabupaten Bogor)
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor sektor Ciomas mengevakuasi sarang tawon raksasa yang menggantung di sebuah pohon, Selasa (26/11/2019) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNCIREBON.COM, CIMAHI - Beberapa minggu belakangan ini Kota Cimahi sedang diteror kawanan tawon jenis Vespa Affinis. Beberapa warga sempat menjadi korban

Berdasarkan data dari Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi, hampir selama dua minggu, pihaknya berturut-turut mendapati laporan dan melakukan penanganan sarang tawon Vespa Affinis.

Komandan Regu 1, Damkar Kota Cimahi Indrahadi, mengatakan laporan terkait teror Tawon Vespa itu mengalami lonjakan hingga 4 kali lipat.

"Dalam semalam ada 2 sampai 3 titik sarang tawon yang kami tangani. Selama 2 minggu ini sudah ada 15 laporan dari warga. Normalnya dalam sebulan hanya 4 laporan," ujarnya saat dikonfirmasi Tribun Jabar, Selasa (3/12/2019).

Indrahadi mengaku kasus teror tawon itu, sempat memakan beberapa warga Kota Cimahi yang menjadi korban, namun masih bisa terselamatkan.

"Di Cimahi sendiri sudah ada warga yang jadi korban sengatan tawon ini, tapi beruntung tidak sampai meninggal dunia," katanya.

Di Tempat Anda Ada Sarang Tawon? Nih, Tips Singkirkan Sarang Tawon dari Ahlinya

Usik Sarang Tawon, 4 Pelajar di Garut Disengat Hingga Satu Orang Tewas Gara-gara Sengatannya

Menurutnya kawanan Tawon Vespa ini biasanya berkembangbiak di hutan sebagai habitat aslinya, namun kini tawon tersebut kebanyakan bersarang di atap rumah warga.

"Untuk penanganan kita lakukan pembiusan menggunakan bensin dengan media busa. Menghindari serangan pada petugas, wajib memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Kita lakukan penanganan saat malam, karena kawanan tawon sedang berkumpul jadi penanganan lebih mudah," katanya.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh warga Kota Cimahi jika ada sarang tawon di sekitaran rumahnya agar segera melaporkannya.

KISAH Tragis Casuni, Mama Muda di Indramayu Ini Meninggal Akibat Sakit Keras dan Sakit Batin

Ajakan Hubungan Intim di Ruang Karaoke Ditolak PL Alias Pemandu Lagu, Pria Ini Keluarkan Pistolnya

"Beresiko kalau ditangani tanpa persiapan yang matang dan menggunakan pakaian pelindung. Karena rata-rata sarang tawon yang kita tangani diameternya sampai 30 mm, jadi tawonnya sudah cukup besar dan berbahaya," ungkapnya.

Pihaknya menyarankan warga agar selalu mengecek di lingkungan sekitarnya, dan mulai pola hidup bersih dan menjaga kebersihannya dari bangkai serangga dan tumpukan sampah makanan, karena keduanya adalah sumber makanan bagi tawon Vespa Affinis.

Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved