Liga 1 2019

BESOK, Persib Bandung vs Persela Lamongan, Maung Bandung Wajib Menang Untuk Tembus Ke Posisi 5 Besar

Pertandingan pekan ke 30 Liga 1 antara Persib Bandung melawan Persela Lamongan dipastikan akan berjalan menarik.

BESOK, Persib Bandung vs Persela Lamongan, Maung Bandung Wajib Menang Untuk Tembus Ke Posisi 5 Besar
Tribun Jabar
Persela Lamongan vs Persib Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferdyan Adhy Nugraha

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG  - Pertandingan pekan ke 30 Liga 1 antara Persib Bandung melawan Persela Lamongan dipastikan akan berjalan menarik.

Dua tim ini akan berduel di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabuapten Bandung, Selasa (3/12/2019), malam, dengan motivasi yang berbeda.

Persib Bandung mengusung misi kebangkitan usai tak pernah menang dalam dua laga terakhir menghadapi Barito Putera dengan skor 0-0 dan kalah dari Bali United 2-3.

Edson Tavares Akan Didepak? CEO Persija Jakarta Beri Bocoran Soal Pelatih Masa Depan Macan Kemayoran

Selain itu, Persib wajib meraih tiga poin untuk terus menjaga peluang finish di lima besar pada akhir musim.

Sebab, jika seri apalagi kalah, PSS Sleman, Persebaya Surabaya, dan Persija Jakarta siap menggeser Persib yang kini berada di posisi delapan.

Sementara bagi, Persela kemenangan akan membuat nafasnya untuk bertahan di kompetisi Liga 1 lebih panjang. Saat ini, Persela berada di posisi 15 yang artinya, satu strip di atas zona degradasi.

Pelatih Persib, Robert Alberts, mengatakan bahwa menjelang akhir musim, tim-tim yang berada di zona tidak aman akan bermain penuh motivasi. Hal ini juga yang bisa terjadi pada Persela dalam laga malam ini.

"Laga yang penting karena semua tim sama-sama sedang mengamuk dalam kompetisi kecuali Bali United (yang sudah hampir juara)."

"Kami tahu kami kehilangan banyak poin dalam dua laga terakhir untuk merangkak naik ke peringkat lima, karena itu target utama kami. Dan untuk itu kami mencari tiga poin besok untuk terus mengejar posisi yang ditargetkan di akhir liga," ujar Robert dalam sesi jumpa pers sebelum pertandingan

Dalam laga kali ini, Persib dipastikan tak bisa menurunkan dua pemain kuncinya yakni Dedi Kusnandar dan Ezechiel N Douassel. Keduanya dipastikan absen saat menghadapi Persela karena akumulasi kartu.

Ezechiel N Douassel menerima kartu merah saat menghadapi Bali United sementara Dedi Kusnandar sudah mengoleksi tiga kartu kuning musim ini.

Keduanya kemungkinan besar akan digantikan posisinya oleh Abdul Aziz dan Esteban Vizcarra. Abdul Aziz sempat disimpan Robert dalam laga melawan Bali United untuk menghindari hukuman kartu kuning.

Sehingga ia terhindar dari ancaman akumulasi kartu karena sudah mengoleksi dua kartu kuning sebelum menghadapi Bali United.

Persela Lamongan vs Persib Bandung
Persela Lamongan vs Persib Bandung (Surya.co.id)

Peran Ezechiel N Douassel di juru gedor sendiri tampaknya akan menjadi milik Esteban Vizcarra. Meski belum menunjukan kapasitasnya sebagai salah satu pemain top di tanah air, Vizcarra sukses mencatatkan namanya di papan skor saat menghadapi Persela Lamongan diputaran pertama lalu.

Pertandingan yang berakhir dengan skor 2-2 itu, pemain naturalisasi asal Argentina ini mencetak satu gol lewat sundulan kepala pada menit 14.

Hal ini menjadi modal bagus bagi Persib yang harus kembali kehilangan bomber utamanya Ezechiel N Douassel karena akumulasi kartu kuning.

Kabar gembira juga didapat Persib saat menjamu Persela. Bek andalan Persib, Achmad Jufriyanto kini sudah bisa diturunkan setelah sempat cedera pada laga kontra Barito Putera dan Bali United.

"Memang Dedi dan Ezechiel tidak bisa bermain karena sanksi tapi kabar baiknya Jupe sudah lolos (tes medis) tadi pagi dan dia bisa tampil di laga besok. Itu menjadi kabar yang positif dan kami melihat ke depan untuk memainkan laga yang bagus besok dan mendapat tiga poin," katanya.

Kembalinya Jupe, sapaan akrab Achmad Jufriyanto, di lini belakang tentu saja akan mengembalikan posisi Supardi Nasir di bek kanan.

Supardi sempat menerima kritik karena penampilannya di bek tengah sangat buruk saat menghadapi Bali United.

"Setelah kami kalah melawan Bali banyak kritik yang ditujukan kepada kapten tim dan itu menunjukan bahwa siapapun bisa saja mendapat hal buruk di pertandingan. Tapi kepercayaan saya ke kapten tim masih tetap bagus dan masih sama seperti biasanya."

"Dan saya tetap memberikan kesempatan pada Supardi untuk tampil dan menunjukan kualitasnya di lapangan dan kami melihat ke depan untuk memainkan laga yang fantastis. Semoga dia bisa menjawab kepercayaan saya," katanya.

Dari tim tamu, Pelatih Persela, Nil Maizar mengatakan bahwa timnya dipastikan akan tampil penuh saat menghadapi Persib. Seluruh pemain, sambung Nil, dalam kondisi fit dan tidak ada yang terkena akumulasi kartu.

"Kondisi pemain seluruhnya sehat tidak ada yang kartu kuning, tidak ada akumulasi, mudah-mudahan besok kami menghadapi Persib, Persela Lamongan bisa menampilkan permainan yang maksimal sehingga kami bisa mendapatkan poin di sini," katanya.

Mantan pelatih Timnas Indonesia senior ini pun mengatakan bahwa absennya Ezechiel N Douassel di lini depan Persib tak akan terlalu banyak berpengaruh. Sebab, Persib memiliki pemain pengganti yang kualitasnya sama baiknya.

Bahkan diakui Nil, dirinya sudah mengantongi kekuatan dan kelemahan Persib untuk laga malam ini. Sehingga ia berharap, para pemainnya bisa dengan baik mengimplementasikan taktik yang diinginkannya di atas lapangan.

"Persib ini memang tim yang luar biasa, Ezechiel tidak main dia tetap sama, karena kekuatan dia antara pemain inti dan pemain cadangan itu tidak terlalu beda jauh. Jadi kami tidak memikirkan itu, jadi buat kami Persela bagaiamana bisa memaksimalkan sesuai dengan kemampuan mereka besok (hari ini)," ucapnya.

Di samping itu, Persela dan Persib sedang dalam tren yang berbeda dalam dua laga terakhir. Persela mampu mengemas dua kemenangan sementara Persib sebaliknya.

Satu hasil seri di kandang melawan Barito Putera dan kekalahan dari Bali United, pekan lalu.

Dengan kembalinya Persib tampil di hadapan puluhan ribu pendukungnya ini lah yang akan diwaspadai Nil. Menurutnya, para pemain Persib bisa sangat termotivasi pada laga malam ini.

"Ya kalu buat kami, ini tentu kami harus yakin ini trend positif harus kami jalankan, tapi mungkin Persib ingin menunjukan kepada suporternya dia ingin membalilan keadaan, ya sangat menarik kita lihat besok siapa yang taktikalnya jalan siapa yang gak itu akan memenangan pertandingan," katanya.

 
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved