Pelajar Majalengka Main Angklung

Sejak 2017 Berlatih Mainkan Angklung Seminggu Bisa Sampai 3 Kali, Siswa SMPN 1 Majalengka Antusias

saat ribuan siswanya diundang dalam acara upacara memperingati hari Korpri untuk memainkan angklung, pihaknya banjir orderan

Sejak 2017 Berlatih Mainkan Angklung Seminggu Bisa Sampai 3 Kali, Siswa SMPN 1 Majalengka Antusias
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Kepala SMP N 1 Majalengka, Nina Nurul Hidayati, saat diwawancarai TribunCirebon.com di sekolahnya, Sabtu (30/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA - Kepala  SMP N 1 Majalengka, Nina Nurul Hidayati menyebutkan dalam seminggu bisa sampai tiga kali dalam memainkan alat musik angklung.

Hal itu bertujuan, untuk melestarikan dan membudayakan alat musik yang berasal dari tanah Sunda tersebut.

"Untuk mengajarkan anak-anak dapat melestarikan kesenian alat musik Jawa Barat, kami selalu mengajak memainkan angklung sebanyak tiga kali dalam seminggu, ini wujud pelestarian kami," ujar Nina, Sabtu (30/11/2019).

Ribuan siswa SMPN 1 Majalengka memainkan alat musik angklung dalam peringatan Hari Angklung Dunia, Sabtu (30/11/2019).
Ribuan siswa SMPN 1 Majalengka memainkan alat musik angklung dalam peringatan Hari Angklung Dunia, Sabtu (30/11/2019). (TribunCirebon.com/Eki Yulianto)

Nina mengaku, sejak 2017 dirinya beserta para jajaran guru SMP N 1 Majalengka sudah mengenalkan alat musik tradisional asal Jawa Barat itu.

Di momen hari angklung sedunia yang jatuh pada tanggal 16 November lalu itulah, pihaknya mengajak seluruh siswa baik dari kelas 7 hingga kelas 9 memainkan angklung.

"Alhamdulilah ya, para siswa sangat antusias dalam belajar dan memainkan alat musik tersebut, semoga ke depannya anak-anak lebih giat lagi melestarikan kesenian lainnya," ucap dia.

VIDEO - Mencicipi Lezatnya Snow Set dan Winter Set di Takebayashi Cirebon

Persija Jakarta Pasti Kena Sanksi Komisi Disiplin, CEO Ferry Paulus: Gak Apa-apa Yang Penting Senang

Nina menambahkan, sejak kemarin saat ribuan siswanya diundang dalam acara upacara memperingati hari Korpri untuk memainkan angklung, pihaknya banjir orderan untuk mengisi suatu acara.

Dari situlah, dirinya yang menjabat sebagai Kepala Sekolah merasa bangga sekolahnya dapat terlibat dalam suatu acara besar.

"Alhamdulilah ya, kami dapat berkontribusi dalam acara pemerintahan daerah, ini berkat para siswa-siswi yang tekun belajar kesenian di sekolah," kata Nina.

Lebih lanjut Nina mengharapkan, dengan banyaknya tawaran tersebut, ini menjadi hal positif khususnya menjadi ciri khas dari sekolah SMP N 1 Majalengka.

Ia pun berharap, para siswa lebih giat berlatih dan lebih melestarikan kesenian alat musik angklung atau pun kesenian lainnya. (*)

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved