Siap-siap Eselon 3 & 4 di Kementerian-Lembaga Bakal Ditiadakan oleh Presiden Jokowi, Ini Gantinya

residen Joko Widodo menyatakan bakal meniadakan eselon 3 dan 4 di kementerian dan lembaga. Hal itu dilakukan dalam

Siap-siap Eselon 3 & 4 di Kementerian-Lembaga Bakal Ditiadakan oleh Presiden Jokowi, Ini Gantinya
Tribun Timur
Ilustrasi foto ASN di sebuah instansi pemerintahan. 

TRIBUNCIREBON.COM - Presiden Joko Widodo menyatakan bakal meniadakan eselon 3 dan 4 di kementerian dan lembaga. Hal itu dilakukan dalam rangka efisiensi birokrasi sehingga tak berbelit-belit.

Jokowi bahkan meminta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengganti eselon 3 dan 4 dengan artificial inteligence (AI) atau kecerdasan buatan.

"Tahun depan akan kita lakukan pengurangan eselon. Kita punya eselon 1,2,3,4. Yang 3 dan 4 akan kita potong dan saya sudah perintahkan juga ke Menpan-RB diganti dengan AI, kalau diganti aritificial inteligence birokrasi kita lebih cepat," kata Jokowi saat membuka Kompas 100 CEO Forum di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Selain merampingkan birokrasi, pemerintah juga menargetkan peningkatan investasi melalui penyederhanaan regulasi. Presiden mengatakan saat ini terlalu banyak regulasi yang menghambat investasi di Indonesia.

Karenanya, Kepala Negara menuturkan, pemerintah akan segera menyerahkan draf omnibus law kepada DPR agar segera dibahas dan disetujui. Ia optimistis bila omnibus law diloloskan, investasi akan semakin masif masuk ke Indonesia.

"Kami harapkan dengan undang-undang baru (omnibus law), kecepatan tindakan kita di lapangan akan kelihatan cepat dan tidaknya tapi masih tergantung kepada persetujuan DPR kita. Kalau disetujui saya yakin akan ada perubahan yang besar dari regulasi yang kita miliki," lanjut dia.

Soal Mafia Migas, Sujiwo Tejo: Jokowi Ingin Gunakan Ahok untuk Memerangi Dirinya Sendiri

Presiden Jokowi Berduka, Pamannya Meninggal Dunia di Pesawat Perjalanan Menuju Jakarta

Mantan Menteri Jokowi Susi Pudjiastuti dan Jonan Diisukan Bakal Jadi Bos di BUMN Susul Ahok, Apa Ya?

Ia menambahkan, rencananya pemerintah akan menyerahkan draf omnibus law ke DPR Desember 2019 atau Januari 2020. Ia berharap DPR menyetujuinya dan segera bisa diimplementasikan dalam proses pemerintahan baik di tingkat pusat maupun daerah.

"Tapi sekali lagi ini juga akan tergantung (lolosnya) omnibus law ke DPR," lanjut Jokowi.

Masalah Eselonisasi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo mengaku siap mundur dari jabatannya jika tak bisa menyelesaikan masalah eselonisasi. Dia ingin meniadakan pejabat eselon III dan IV di kementerian dan lembaga. Hal ini sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo.

Halaman
12
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved