Anggota Polisi di Makassar Ditipu Travel Haji dan Umrah, Setor Rp 349 Juta Tak Juga Berangkat Haji

Kadar mengatakan, korban dari Alwatiah diduga cukup banyak, tetapi enggan melaporkannya karena masih berharap uangnya kembali.

Anggota Polisi di Makassar Ditipu Travel Haji dan Umrah, Setor Rp 349 Juta Tak Juga Berangkat Haji
Associated Press/Mosa'ab Elshamy
Jemaah haji mengeliling Ka’bah di Mekkah, Saudi Arabia. 

TRIBUNCIREBON.COM - Polisi menangkap Andi Alwatiah (33), pemilik biro perjalanan haji dan umrah Insan Mulia, karena menipu seorang anggota polisi dari Polres Pelabuhan Makassar.

Pelaku mengiming-imingi korban untuk cepat berangkat haji.

Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Kadar Islam mengatakan, dalam melancarkan aksinya, Alwatiah meminta korban untuk menyetor uang sekitar Rp 100 juta per orang agar dapat berangkat haji pada tahun 2021.

Diketahui total kerugian korban mencapai Rp 349 juta.

"Dia (korban) dijanjikan berangkat haji plus tahun 2021 dengan nominal Rp 100 juta per orang. Dia (korban) pesan dua orang karena suami istri, maka dia setor Rp 200 juta," kata Kadar, saat konferensi pers di aula Mapolres Pelabuhan, Kamis (28/11/2019).

Setelah korban menyetor sekitar Rp 200 juta, Alwatiah kembali mendatangi korbannya pada bulan Maret.

Tersangka pada waktu itu meminta korban menambah uang Rp 140 juta per orang agar bisa diberangkatkan haji pada tahun 2019.

Korban akhirnya menuruti perkataan Alwatiah, dengan menambah biaya tersebut untuk memberangkatkan istrinya terlebih dahulu.

WOW Heboh, Artis Cantik Eks Ariel NOAH dan Reino Barrack Luna Maya Tak Pakai Baju Dipijet Seseorang

Mbak Tutut Selalu Teringat Pesan Pak Soeharto, Ternyata Ini Yang Diminta Jenderal Besar Itu

Namun, pada bulan Agustus atau saat pemberangkatan haji, istri anggota polisi itu tak kunjung diberangkatkan, hingga pada akhirnya korban melaporkan Alwatiah.

"Ketika berangkat diantar ke Jakarta, korban tidak berangkat. Maka korban pulang sambil menanyakan kepada pelaku. Tapi ternyata pelaku susah ditemui dan akhirnya korban buat laporan," ucap Kadar.

Halaman
12
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved