Ciputra Tutup Usia, Pengusaha Ini Ikut Membina Bulu Tangkis Indonesia hingga Berprestasi

Indonesia kembali berduka dengan kehilangan satu tokoh penting di dunia usaha properti.

Ciputra Tutup Usia, Pengusaha Ini Ikut Membina Bulu Tangkis Indonesia hingga Berprestasi
(KOMPAS.com / Priyombodo)
Pendiri Ciputra Group, Ciputra atau Tjie Tjin Hoam, meninggal dunia di Singapura pada Rabu (27/11/2019). Ciputra tutup usia pada usianya yang ke-88. 

TRIBUNCIREBON.COM -

Pendiri sekaligus pemilik Ciputra Group, Ciputra atau Tjie Tjin Hoan dikabarkan meninggal dunia di Singapura pada Rabu (27/11/2019).

Ciputra adalah sosok pengusaha ternama di bidang properti.

Namun, selain sebagai pengusaha, Ciputra ternyata juga turut berperan dalam perkembangan bulu tangkis Indonesia.

Ciputra merupakan pendiri PB Jaya Raya yang melahirkan atlet-atlet top saat ini seperti Hendra Setiawan, Marcus Fernaldi Gideon, Greysia Polii, Muhammad Rian Ardianto, dsb.

PERJALANAN Karir Ir Ciputra, Pendiri Ciputra Group yang Wafat di Singapura, Mulai Usaha di Garasi

Selain itu, tunggal putri legendaris Indonesia, Susi Susanti juga berasal dari klub cetusan Ciputra tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, langkah Ciputra terjun ke pengembangan bulu tangkis itu berawal dari permintaan gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin pada awal 1970an.

Ali Sadikin pada awal 1970-an memintanya mengembangkan olah raga ibu kota, Ir Ciputra pun menyebut satu cabang yaitu bulu tangkis.

Alasan Ciputra memilih bulu tangkis rupanya karena ia sendiri merasa bulu tangkis adalah cabang olahraga paling menjanjikan prestasi.

"Alasan utama tentunya saya lebih mengenal bulu tangkis. Saat muda saya pernah jadi pemain. Kedua, saya mengenal tokoh-tokoh bulu tangkis saat itu seperti Rudy Hartono atau pun Ferry Sonneville. Yang ketiga, tentunya berdasar perhitungan bahwa dengan struktur tubuh manusia Indonesia, olah raga ini lah yang paling berpeluang membawa nama daerah dan negara," kata Ciputra dalam peresmian Gedung Olahraga PB Jaya Raya di Bintaro Jaya Tangerang Selatan, Kamis (15/9/2016) silam.

Halaman
12
Editor: Januar Pribadi Hamel
Sumber: BolaStylo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved