Jelang Pilkada 2020 di Indramayu, Bawaslu Jabar Ingatkan Titik Kerawanan yang Bakal Terjadi

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menyebut ada titik-titik kerawanan yang biasa terjadi pada

Jelang Pilkada 2020 di Indramayu, Bawaslu Jabar Ingatkan Titik Kerawanan yang Bakal Terjadi
Tribun Cirebon.com/Handhika Rahman
Komisioner Bawaslu Jawa Barat, Wasikin Marzuki saat menyampaikan materi dalam Media Gathering Bawaslu Indramayu di Telaga Surian Camp Park Kuningan, Sabtu (23/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menyebut ada titik-titik kerawanan yang biasa terjadi pada pelaksanaan Pilkada serentak yang akan digelar pada 2020 mendatang.

Kabupaten Indramayu sendiri diketahui menjadi salah satu daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada tahun 2020.

Komisioner Bawaslu Jawa Barat, Wasikin Marzuki mengatakan, kerawanan itu di antaranya, praktik money politik, data Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak sesuai, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, Bawaslu sangat memerlukan partisipasi masyarakat untuk terlibat melakukan pengawasan dan membatasi sejumlah kerawanan tersebut.

"Salah satu giatnya kita sudah mencetus kader melalui Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP)," ujar dia kepada Tribuncirebon.com pada acara Media Gathering Bawaslu Indramayu di Telaga Surian Camp Park Kuningan, Sabtu (23/11/2019).

SKPP sendiri merupakan sekolah bagi kader-kader dari berbagai macam kalangan yang diharapkan bisa membantu Bawaslu melakukan pengawasan Pemilu.

Di sekolah itu mereka dibekali berbagai macam materi, termasuk cara bagaimana melakukan pengawasan Pemilu.

Adapun selama proses pelaksanaannya, diakui Wasikin Marzuki, mereka terlihat antusias mengikuti serangkaian kegiatan dan materi yang diberikan.

Melalui semangat tersebut mereka akan mampu menjawab tantangan dan memperlihatkan kepada publik bahwa mereka merupakan garda terdepan Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada nanti.

Para kader itu juga diharapkan bisa menularkan apa yang sudah mereka pelajari untuk diterapkan dan di sosialisasikan di tengah masyarakat.

"Hal ini sejalan dengan slogan atau tagline Bawaslu yaitu Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu," ujarnya. (*)

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved