Inilah Pahala Membaca Sholawat di Hari Jumat, Lengkap dengan 11 Bacaan Sholawat & Keutamaannya

Pahala Membaca Sholawat di Hari Jumat, Lengkap Dengan 11 Macam Bacaan Sholawat & Keutamaannya

Inilah Pahala Membaca Sholawat di Hari Jumat, Lengkap dengan 11 Bacaan Sholawat & Keutamaannya
via 123RF.com
Sholawat Nabi. 

TRIBUNCIREBON.COM- Salah satu amalan sunnah di malam Jumat atau hari Jumat yang memiliki pahala luar biasa adalah membaca Sholawat.

Adapun Sholawat adalah doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW

Dikutip dari arah.com, dalam Alquran dan hadis, banyak perintah agar manusia mengucapkan pujian yang berbunyi Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa alihi washahbihi wasallim ini.

Terlebih jika kalimat Sholawat diucapkan setiap hari Jumat, maka manfaat dan keutamaannya menjadi lebih besar lagi.

Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW bersabda :

“Perbanyaklah Sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena Sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak berSholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

 Yuk Baca Surat Al Kahfi Yuk, Ini Keutamaan-keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Selain memberikan syafaat saat Yaumil Mahsyar kelak, bershalawat pada hari Jumat juga memiliki keutamaan lain, Berikut ini beberapa keutamaan bershalawat pada hari jumat yang dikutip dari buku berjudul Afdhalush Sholawat 'Alaa Sayyidis syahadaat karangan Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhan. 

1. Jika berSholawat satu kali pada hari Jumat, maka Allah bershalawat untuknya sepuluh kali. Maksud Allah berSholawat kepada Nabi SAW adalah dengan memberi rahmat-Nya untuk manusia yang bershalawat.

“Perbanyaklah membacakan shalat untukku pada hari dan malam jumat. Barangsiapa membacakan shalawat untukku satu kali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.”

2. Mengucapkan Sholawat pada hari Jumat juga menjadi lebih utama karena disaksikan oleh malaikat dan malaikat akan berSholawat 10 kali kepada mereka yang membacanya. Bershalawatnya malaikat kepada Nabi SAW sama halnya dengan memintakan ampunan untuk manusia tersebut. Dari Abdullah bin Amru bin Ash RA bahwasanya ia mendengar Nabi SAW bersabda,

Halaman
1234
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved