Kapolres Kampar Dicopot Jabatannya, Gara-gara Terlambat Datang dan Ngobrol saat Kapolri Pidato

Hal itu menyusul dugaan AKBP Asep Darmawan dicopot karena mengobrol saat Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memberikan sambutan di sebuah acara.

Kapolres Kampar Dicopot Jabatannya, Gara-gara Terlambat Datang dan Ngobrol saat Kapolri Pidato
dok.polda riau via tribun kaltim
AKBP Asep Darmawan saat sertijab sebagai Kapolres Kampar, Riau, 25 September 2019 di Mapolda Riau, Pekanbaru. Baru dua bulan menjabat, AKBP Asep Darmawan dicopot dari jabatan Kapolres Kampar karena mengobrol saat Kapolri beri arahan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyampaikan keputusan pencopotan Kapolres Kampar Provinsi Riau AKBP Asep Darmawan telah sesuai dengan aturan.

Hal itu menyusul dugaan AKBP Asep Darmawan dicopot karena mengobrol saat Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memberikan sambutan di sebuah acara.

"Institusi Polri adalah institusi yang menjunjung tinggi disiplin, sehingga yang bersangkutan dicopot dari jabatannya dari Kapolres untuk dapat diperiksa oleh Propam. Pencopotan itu sesuai aturan," kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada Tribunnews, Rabu (20/11/2019).

Poengky mengatakan, ada empat pertimbangan yang dinilai membuat Asep dinilai layak untuk dicopot. Pertama, kata dia, Asep tidak menunjukkan kedisiplinan.

"Ada arahan pimpinan seharusnya siap dan mendengarkan arahan, selanjutnya melaksanakan arahan tersebut," ungkapnya.

Selanjutnya, kata dia, seharusnya Asep yang saat itu masih menjadi Kapolres harus menuruti dan tunduk terhadap arahan dari Kapolri.

Alasan lain, seluruh anggota polri seharusnya bisa bersikap profesional.

"Dengan ngobrol sendiri saat ada arahan, menunjukkan bahwa yang bersangkutan tidak profesional," ungkapnya.

Alasan terakhir, Poengky mengatakan, tindakan acuh saat Kapolri sedang memberikan arahan yang dilakukan oleh Asep dinilai menjadi contoh buruk terhadap anggota polri lainnya.

"Yang bersangkutan tidak dapat memberikan contoh yang baik kepada para anggota di bawahnya," pungkasnya.

Sebelumnya, Markas Besar Kepolisian membenarkan AKBP Asep Darmawan dicopot dari jabatannya sebagai Kapolres Kampar Provinsi Riau.

Halaman
123
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved