Pemkab Indramayu Anggarkan Rp 4,85 M untuk Perbaikan SD, Hanya Cukup Perbaiki dan Bangun 38 Kelas

Ada beberapa penyebab banyaknya SD di Kabupaten Indramayu yang rusak. Salah satu penyebabnya adalah faktor usia bangunan yang sudah tua.

Pemkab Indramayu Anggarkan Rp 4,85 M untuk Perbaikan SD, Hanya Cukup Perbaiki dan Bangun 38 Kelas
TribunCirebon.com/Handhika Rahman
Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat saat melakukan kunjungan ke SDN Bondan III Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, Senin (5/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Pemerintah Kabupaten Indramayu akan menyiapkan anggaran sebesar Rp 4.850.000.000 untuk perbaikan sekolah dasar (SD).

Dengan rincian, sebesar Rp 1.350.000.000 untuk rehabilitasi sejumlah SD yang mengalami kerusakan dan sebesar Rp 3.500.000.000 untuk pembangunan ruang kelas baru (RKB).

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indramayu, Malik Ibrahim mengatakan, anggaran tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Indramayu.

"Kita akui ini belum sepenuhnya memenuhi harapan masyarakat untuk perbaikan sekolah yang rusak, namun kita terus berusaha agar sekolah-sekolah yang rusak dapat kita perbaiki secara bertahap," ujar dia, Selasa (12/11/2019).

Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SD Disdik Kabupaten Indramayu, Willy Prihartono menambahkan, berdasarkan data yang tercatat di Disdik Kabupaten Indramayu ada sebanyak 738 ruangan kelas dari seluruh SD se-Kabupaten Indramayu yang kondisinya rusak berat.

Sedangkan pada tahun 2019 ini, anggaran yang tersedia hanya mampu diserap untuk merehabilitasi ruang kelas rusak sebanyak 18 ruangan dari total 9 sekolah saja.

Sedangkan, untuk mengadakan RKB di tahun 2019 ini akan dilakukan sebanyak 20 ruang kelas.

Ini 11 Hal yang Tak Boleh Dilakukan ASN, Bisa-bisa Dituding Radikal, Kemenpar RB Sudah Kantongi Data

Anak Bupati Majalengka Tembak Kontraktor Sampai Terluka Parah, Persoalan Utang, Sebelumnya Berkelahi

Selain dana yang bersumber dari APBD, disebutkan dia ada juga bantuan rehabilitasi sekolah yang alokasi anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dari anggaran DAK ini, ada sebanyak 81 sekolah yang akan mendapat bantuan perbaikan ruang kelas.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved