Jadi Destinasi Wisata Tawarkan Bangunan Tua, Kawasan Pecinan Jamblang Justru Tampak Sepi, Kok Bisa?

Kawasan pecinan Jamblang di Desa Jamblang, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, belum lama ini dijadikan sebagai destinasi wisata

Jadi Destinasi Wisata Tawarkan Bangunan Tua, Kawasan Pecinan Jamblang Justru Tampak Sepi, Kok Bisa?
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Kawasan Pecinan Jamblang Cirebon tampak sepi 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - ‎Kawasan pecinan Jamblang di Desa Jamblang, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, belum lama ini dijadikan sebagai destinasi wisata Gedung Tua Jamblang oleh pemerintah daerah.

Pada Kamis (27/6/2019), peresmeian destinasi wisata tersebut, ditandai dengan deklarasi yang ditandatangani oleh Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan, Pangeran Raja Adipati Natadiningrat dan Bupati Cirebon, Imron Rosyadi.

Pantauan Tribun Jabar, Senin (11/11/2019), suasana hening sangat terasa saat memasuki kawasan Pecinan Jamblang, ‎hanya tampak beberapa warga yang tengah melakukan aktivitasnya dipagi hari.

Deru mesin kendaraan bermotor yang melintas di jalur pantai laut utara (pantura), mampu terdengar hingga ke bagian penjuru Kawasan Pecinan Jamblang.

Puluhan bangunan yang berada di kawasan tersebut, sebagian besarnya dalam kondisi tidak terawat, mulai dari lapisan tembok terkelupas, kusen pintu atau jendela lapuk, genting menghitam, dan dipenuhi sarang laba-laba.

Rumah-rumah di Kawasan Pecinan Jamblang pun terlihat tinggalkan oleh pemiliknya, hal tersebut terlihat sebagian bangun dikunci rapat menggunakan gembok berkarat.

Meskipun dalam kondisi sepi, tampak beberapa rumah masih ditinggali oleh pemiliknya, namun pemilik tersebut hanya sesekali beraktivitas di luar rumah.

Herwanto (64), warga Kawasan Pecinan Jamblang, menuturkan, dijadikannya sebagai destinasi wisata, belum mampu mengubah kawasan tersebut menjadi daya tarik masyarakat luar.

"Masih sepi saja. Yang berkunjung pun banyaknya ke vihara‎," kata Herwanto di Kawasan Pecinan Jamblang, Senin (11/11/2019).

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved