HEADLINE TRIBUN JABAR: Walini Raya Bisa Seperti California Jika Disneyland Jadi Berinvestasi di KWR

Kawasan Walini di Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), bakal menjadi kawasan elite karena Pemkab Bandung Barat

HEADLINE TRIBUN JABAR: Walini Raya Bisa Seperti California Jika Disneyland Jadi Berinvestasi di KWR
parksandresorts.com
Disneyland. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG BARAT - Kawasan Walini di Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), bakal menjadi kawasan elite karena Pemkab Bandung Barat akan membangun sebuah kota baru bernama Kawasan Walini Raya (KWR) di lokasi tersebut.

Di KWR, yang disebut-sebut akan menjadi kota baru terbesar di dunia, akan dibangun taman rekreasi Disneyland seperti di California, Amerika Serikat. Informasi adanya Disneyland ini sudah tersebar di jagat maya.

Adanya KWR juga nantinya akan terintegrasi dengan Transit Oriented Development (TOD) Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung yang saat ini tengah dibangun di Kawasan Walini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) KBB, Asep Wahyu, mengatakan, di Kawasan Walini Raya itu nantinya akan dibangun sarana olahraga (SOR), salah satunya stadion sepak bola megah bertaraf Internasional.

"Kawasan Walini Raya juga akan dilengkapi dengan fasilitas lain seperti production house. Nanti di sana masyarakat KBB bisa terlibat, seperti dalam pembuatan film," ujar Asep kepada Tribun saat ditemui di kantornya, Kamis (6/11).

Selain itu, di KWR juga akan dibangun masjid terbesar di KBB, pondok pesantren, dan fasilitas publik yang lain, seperti tempat wisata baru. Jika jadi bergabung, Disneyland Indonesia mungkin akan dibangun di lokasi wisata baru tersebut. Dalam beberapa tulisan di media online, saat ini proses bergabungnya Disneyland masih dalam proses penjajakan.

Namun, saat disinggung tentang bakal adanya Disneyland di KWR, Asep mengaku belum mengetahui. Ia mengatakan, untuk fasilitas KWR hanya akan dibangun sesuai dengan nota kesepahaman kerja sama dengan tiga perusahaan BUMN.

"Engga tahu (ada rencana Disneyland berinvestasi). Untuk fasilitas KWR sejauh ini sesuai perjanjian kerja sama dan MoU," katanya.

Untuk merealisasikan rencana pembangunan KWR ini, Pemkab Bandung Barat sudah menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, PT Wijaya Karya (Wika), dan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Halaman
12
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved