Jelang Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Padepokan Nur Sedjati Gelar Tradisi Nyiram Pusaka

Menjelang memperingati Maulid Nabi Muhammad yang jatuh pada tanggal 9 November 2019, Yayasan Al-Awaliyah menggelar kegiatan Nyiram Pusaka

Jelang Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Padepokan Nur Sedjati Gelar Tradisi Nyiram Pusaka
Tribun Cirebon.com/Eki Yulianto
Benda-benda pusaka yayasan Al-Awaliyah, Padepokan Nur Sedjati, yang akan dicuci. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA- Menjelang memperingati Maulid Nabi Muhammad yang jatuh pada tanggal 9 November 2019, Yayasan Al-Awaliyah menggelar kegiatan Nyiram Pusaka, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan yang digelar di halaman Padepokan Nur Sedjati tepatnya di dalam yayasan Al-Awaliyah itu, berjalan khidmat dan sakral.

Pantauan Tribuncirebon.com di lokasi, kegiatan itu juga dihadiri para sesepuh, anggota padepokan, Dosen ISBI Bandung, tamu undangan dan warga sekitar.

Pimpinan yayasan Al-Awaliyah, Suhenda mengatakan penyelenggaraan kegiatan ini selain memperingati hari Maulid Nabi, kegiatan tersebut juga dalam rangka Hari Ulang Tahun yayasan Al-Awaliyah.

Adapun, tema yang diusung pada tahun ini, yaitu "Membumikan Ajaran Langit, Ngelayang Sedjatine Rasa."

"Kami dari tahun ke tahun menyelenggarakan yang namanya maulid nabi, alhamdulilah sudah masuk di tahun 8," ujar Buyut Suhenda, sapaan akrabnya, Kamis (7/11/2019).

Ia pun menyebut, bahwa kegiatan ini bertujuan agar masyarakat khususnya warga Blok Subatok, Desa Sumber Kulon, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka tidak melupakan sejarah.

Bahwa, kata Buyut Suhenda, kegiatan ini merupakan peninggalan leluhur dan orang zaman dahulu yang patut terus dilestarikan.

"Cuma kota ambil logisnya, jangan magic atau mistisnya, adapun perlengkapan yang dapat dikaitkan itu merupakan bentuk budaya tujuannya agar terus dipelihara dan dijaga biar tetap terjaga sampai generasi berikutnya," ucap dia.

Halaman
12
Penulis: Eki Yulianto
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved