LIHAT Cara Cerdas Warga di Desa Palir Cirebon untuk Jaga Kebersihan Selokan

Ada pemandangan berbeda yang terjadi di Blok Kulon, Desa Palir, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon,

LIHAT Cara Cerdas Warga di Desa Palir Cirebon untuk Jaga Kebersihan Selokan
gresik.co
Ilustrasi ikan nila

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Ada pemandangan berbeda yang terjadi di Blok Kulon, Desa Palir, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, sejak satu bulan terakhir ini.

Sepanjang 50 meter di selokan di desa tersebut kini ditinggali oleh ribuan ikan tawar berbagai jenis mulai dari nila, mujair, emas, hingga koi.

Selokan yang berada di Blok Kulon itu, dipasangi tralis besi sebagai penyekat, sehingga ribuan ikan yang hidup di saluran drainase itu tidak hilang terbawa arus air.

‎Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, Senin (4/11/2019),‎ keberadaan selokan berisi ratusan ikan hias tersebut menjadi daya tarik baru untuk masyarakat sekitar dan pengendara yang melintas.

Di waktu pagi hingga sore hari, terutama anak-anak, mendatangi lokasi selokan tersebut untuk melihat ribuan ikan, bahkan beberapa anak-anak pun tampak memberikan pakan.

Disepanjang 50 meter lokasi selokan solokan, kondisi airnya pun tampak jernih, bahkan sama sekali tidak terlihat ada sampah plastik rumah tangga yang mencemari tempat bagi ribuan ikan tersebut.

Andi (40), warga Blok Kulon RT 5/2, mengatakan, ribuan ikan tersebut sengaja ditebar oleh pemerintah desa pada bulan lalu dan kini menjadi daya tertarik bagi warga sekitar.

"Asalnya sepi, sekarang jadi ramai. Apalagi anak-anak, terus banyak tukang dagang juga," kata Andi di Blok Palir RT 5/2, Desa Palir, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon, Senin (4/11/2019).

Dalam sebuah baligho di tengah selokan berisi ribuan ikan itu tersebut, berisikan tulisan yakni dibangun oleh Pemerintah  Desa Palir dengan volume 69,29 meter kubik dan dibangun menggunakan dana desa tahun anggaran 2019 sebanyak Rp 77.034.000.

Halaman
123
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved