Ribuan Warga di Desa Curug Indramayu Menggelar Tradisi Sedekah Bumi Sebagai Ungkapan Rasa Syukur

Ribuan Warga di Desa Curug Indramayu Menggelar Tradisi Sedekah Bumi Sebagai Ungkapan Rasa Syukur

Ribuan Warga di Desa Curug Indramayu Menggelar Tradisi Sedekah Bumi Sebagai Ungkapan Rasa Syukur
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Kegiatan sedekah bumi di Desa Curug, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Minggu (3/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Masyarakat di Kabupaten Indramayu memiliki banyak tradisi untuk mengungkapkan rasa syukur.

Salah satunya, yakni tradisi Sedekah Bumi dilakukan oleh ribuan warga di Desa Curug, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

Dengan membawa tumpengan dan beragam hasil bumi mereka berbondong-bondong menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) di desa setempat yang dijadikan pusat lokasi kegiatan, Minggu (3/11/2019).

Kuwu Desa Curug, Herman mengatakan, Sedekah Bumi ini merupakan tradisi rutin yang dilaksanakan setiap menjelang musim tanam tiba.

Tradisi Sedekah Bumi ini juga sudah berlangsung secara turun temurun sejak zaman dahulu dan terus dilestarikan hingga sekarang.

"Acara ini juga bertujuan untuk memohon kepada sang pencipta diberikan keselamatan dan kesuburan pada saat tanam nanti," ujar dia kepada Tribuncirebon.com.

Dirinya menilai, tradisi Sedekah Bumi ini sangat dinanti-nanti oleh masyarakat yang mayoritas merupakan kaum petani.

Mereka bersyukur atas berkah hasil bumi musim tanam sebelumnya yang melimpah dan bersiap untuk kembali bercocok tanam pada musim tanam selanjutnya.

Selain itu, Herman menilai dengan terus terlestarinya tradisi tersebut juga akan mempupuk tali silaturahmi dan nilai gotong royong antar warga.

Adapun dalam pelaksanaannya, beragam hasil bumi dikumpulkan masyarakat pada satu titik untuk disantap secara bersama-sama.

Sebelum kegiatan makan bersama itu juga digelar doa yang dipimpin oleh tokih agama desa setempat untuk meminta keberkahan di musim tanam yang akan datang

"Ada prosesi makan bersama sambil menyaksikan pagelaran wayang kulit," ujar dia.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved