Membosankan, Taman Pataraksa Seberang Kantor Bupati Cirebon Siap Direvitalisasi, Anggarannya?

Taman Pataraksa yang berada di tengah kawasan Komplek Pemerintahan Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Drajat, Kecamatan Sumber

Membosankan, Taman Pataraksa Seberang Kantor Bupati Cirebon Siap Direvitalisasi, Anggarannya?
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Taman Pataraksa yang berada di tengah kawasan Komplek Pemerintahan Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Drajat, Kecamatan Sumber, dalam waktu dekat akan direvitalisasi 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Taman Pataraksa yang berada di tengah kawasan Komplek Pemerintahan Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Drajat, Kecamatan Sumber, dalam waktu dekat akan direvitalisasi.

Pantauan Tribun Jabar di Taman Pataraksa, Rabu (30/10/2019), kondisi taman yang berada di seberang Kantor Bupati Cirebon ini, kurang mengalami perawatan oleh dinas terkait.

Beberapa bagian, yakni gapura pintu masuk, pembatas tanaman, lantai dua pendopo kecil, tempat duduk, mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Di beberapa bagian lokasi taman pun, tak luput menjadi sasaran aksi vandalisme‎ serta di bagian lain tampak ada tumpukan sampah plastik kemasan makanan dan minuman.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengatakan, Taman Pataraksa nantinya akan disulap menjadi Alun-alun untuk kebutuhan ruang publik umum, dengan ditambah unsur-unsur kearifan lokal Cirebon.

‎"Pataraksa ini kami ingin buat lagi supaya bagus. Mungkin nanti ada panggung seni sebagai wadah para seniman berkreasi dan latihan," kata Imron saat ditemui di Kantor Bupati Cirebon, Kecamatan Sumber, Rabu (30/10/2019).

Sejumlah fasilitas yang‎ akan dibangun di Taman Pataraksa yakni, galeri hasil karya seni dan kerajinan tangan, serta galeri produk lokal.

Taman Kehati Jadi Ikon Wisata Baru di Indramayu, Cocok Banget Nih Buat Wisata Edukasi di Akhir Pekan

3 Hari Lagi Mau Diresmikan, Lampion Taman Kiara Artha Rusak Diterjang Angin Kencang

Ada Benda Misterius di Revitalisasi Alun-alun Kejaksaan Cirebon, Dewan Minta Dihentikan Sementara

Kemudian, nantinya Taman Pataraksa akan menjadi tempat pertemuan bagi tamu-tamu daerah, karena akan dibangun sebuah bangunan pertemuan tertutup.

Imron mengatakan, pembangunan tersebut akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dengan anggaran sebesar Rp 15 sampai 20 miliar.

"Taman ini akan menjadi wajah baru bagi Sumber. Tahun 2020 akan dibangun," katanya.

Jaya Kurnia (42), warga Desa Megu Cilik, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon,‎ mengatakan, kondisi Taman Pataraksa sangat membosankan, lantaran tidak fasilitas penunjang.

Saat mengunjungi taman tersebut, kata Jaya, kendaraan harus diparkir di bahu jalan karena tidak adanya lahan parkir.

"Tidak ada apa-apa, padahal itu dekat kantor bupati. Sama sekali gak ada daya tarik," katanya. (*)

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved