Waspada Musim Hujan

Hujan Mulai Sering Turun, BPBD Bandung Barat Waspadai Banjir Bandang di Empat Wilayah Ini

biasanya air meluap ke bahu jalan karena tidak tertampung pada drainase di sejumlah wilayah itu, sehingga pihak akan berkoordinasi dengan pihak terka

Hujan Mulai Sering Turun, BPBD Bandung Barat Waspadai Banjir Bandang di Empat Wilayah Ini
Istimewa
banjir lumpur di Cianjur, Sabtu (12/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribun, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, NGAMPRAH - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat ini telah melakukan pemetaan wilayah dan mewaspadai banjir bandang saat memasuki musim hujan.

Berdasarkan data BPBD KBB, pada musim hujan tahun lalu sejumlah wilayah di KBB kerap diterjang banjir bandang seperti di wilayah Utara yakni Kecamatan Lembang tepatnya di dekat Pasar Panorama dan Kecamatan Cisarua di depan SPN Polda Jabar.

Sementara untuk di wilayah selatan, banjir bandang kerap terjadi di daerah Kecamatan Cipongkor dan Kecamatan Gunung Halu, sehingga BPBD saat sudah melakukan persiapan untuk menangani banjir bandang di empat wilayah tersebut.

"Kalau musim di KBB biasanya ada banjir bandang di sejumlah wilayah, tapi hanya sesaat ketika turun hujan besar saja," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD KBB, Dicky Maulana di Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Rabu (30/10/2019).

Ia mengatakan, terjadinya banjir bandang tersebut karena banyak saluran air atau drainase yang tersumbat sampah, ditambah ada longsoran kecil yang menyebabkan adanya air bercampur lumpur.

Atas hal tersebut, lanjut Dicky, biasanya air meluap ke bahu jalan karena tidak tertampung pada drainase di sejumlah wilayah itu, sehingga pihak akan berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Untuk penanganannya kami turun ke lapangan untuk mencari penyebab banjir, lalu berkoordinasi dengan DLH untuk sampah dan PUPR untuk masalah drainase," kata Dicky.

Hotman Paris Unggah Ceramah Ustaz Abdul Somad soal Sholat Subuh Berjamaah, Ngaku Kagumi Sosoknya

Dikasih Fasilitas Mobil Dinas, Prabowo Subianto Masih Gunakan Mobil Pribadi, Ini Alasannya

PENAMPAKAN Wajah Aura Kasih di Foto Terbarunya, Dibilang Pucat, Menakutkan Mirip Seperti Vampir

Selain itu, kata dia, pihaknya juga kerap melakukan evakuasi warga ketika terjadi banjir bandang tersebut. Hal itu perlu dilakukan agar tidak ada korban jiwa mapaun luka-luka.

"Pada tahun lalu terjadi banjir bandang di depan SPN, selain melakukan penanganan banjirnya, kami juga disana melakukan evakuasi warga," ucapnya.

Halaman
123
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved