BERSIAP! Formasi CPNS di Kabupaten Bandung Sebanyak 309, Kota Bandung Dapat 868 Posisi

BERSIAP! Formasi CPNS di Kabupaten Bandung Sebanyak 309, Kota Bandung Dapat 868 Posisi

BERSIAP! Formasi CPNS di Kabupaten Bandung Sebanyak 309, Kota Bandung Dapat 868 Posisi
TRIBUNBATAM.id
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Tahun ini Pemerintah Kabupaten Bandung akan membuka pendaftaran bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 309 formasi.

Jika tidak ada perubahan jadwal pendaftaran seleksi CPNS ini akan dibuka secara serentak pada 11 Nopember 2019.

"Formasi CPNS Kabupaten Bandung, kami mendapatkan 309 formasi. Terdiri dari tenaga pendidik sebanyak 53 formasi."

HARI INI, Pembukaan Pendaftaran CPNS, Yuk Buruan Daftar dan Cek Apa Saja Persyaratannya

"Tenaga kesehatan 136 formasi dan tenaga teknis lainnya sebanyak 120 formasi untuk rekrutmen CPNS 2019," tutur Kepala Badan Kepegawain dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Wawan A Ridwan melaui telepon seluler, Rabu (30/10/2019).

Wawan menuturkan jika formasi CPNS di Kabupaten Bandung masih didominasi oleh tenaga pendidik dan kesehatan.

RESMI, Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka 11 November 2019, Berikut Ini Daftar Lengkap Jumlah Formasinya

Namun untuk tenaga pendidik dan kesehatan ini sebagian sudah diakomodir oleh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K/PPPK).

"Jumlah P3K di Kabupaten Bandung hasil seleksi 2019 sebanyak 707 orang yang masuk dari kategori II. Jadi secara usia mereka sudah tidak bisa mendaftar CPNS maka diakomodir melalui P3K," tambahnya.

Menurutnya setiap tahun jumlah PNS di Kabupaten Bandung yang memasuki usia pensiun kurang lebih mencapai sekitar 800-900 orang. Dengan didominasi dari tenaga pendidikan dan kesehatan.

"Jadi jumlah formasi ini (309 ) sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan Meteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2019. Sudah ada keputusan penetapan formasi yang didapatkan oleh masing-masing pemerintah daerah," tuturnya.

VANESSA Angel Masih Nyari Alamat Kakek Sugiono di Jepang, Mau Bikin Film Bareng?

"Pusat telah memperhitungkan jumlah P3K yang sudah direkrut oleh Kabupaten Bandung sebanyak 707 orang. Kemudian berapa jumlah pensiun di Kabupaten Bandung, maka sisanya diisi oleh seleksi CPNS ini yang jumlah formasinya mencapai 309," tambahnya.

Lebih lanjut Wawan menambahkan jika tidak ada perubahan pendaftaran CPNS ini secara serentak akan dibuka pada tanggal 11 Nopember 2019 secara online melalui website BKN di www.sscasn.bkn.go.id.

Dengan melamar formasi yang sudah ditentukan. Misalnya melamar ke formasi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan atau tenaga teknis sesuai dengan disiplin ilmu yang sudah ditetapkan berdasarkan formasi yang ada.

Jadi Tahanan KPK, Dibalik Jeruji Besi Mantan Menpora Imam Nahrawi Masih Sempat Kirimi Surat Cinta

"Di bulan Nopember ini akan ada seleksi administrasi, dimulai dari kelengkapan data pribadi, seperti foto, surat keterangan sehat, SKCK, ijazah terakhir dan kelengkapan data administrasi lainnya," kata Wawan.

Selanjutnya data yang sudah masuk akan diverifikasi oleh tim seleksi daerah. Jika sudah lolos seleksi administrasi sesuai dengan formsi dan basic ilmu pendidikan yang sudah ditentukan, peserta wajib mengikuti seleksi selanjutnya yang akan dilaksanakan di bulan Maret 2020.

"Sesuai rencana akan diselenggarakan di bulan Maret 2020. Ada seleksi tes kemampuan dasar (TKD) dan seleksi tes kemampuan bidang (TKB). Yang kami selenggarakan bekerjasama dengan Telkom University," ujarnya.

Selain itu Wawan menambahkan informasi terkait seleksi CPNS Kabupaten Bandung ini dapat diakses melalui website BKPSDM di bkpsdm.bandungkab.go.id. Dan melalui media sosial facebook dan instagram BKPSDM.

"Kami akan memberikan informasi selengkapnya kepada masyarakat terkait rekrutmen CPNS di Kabupaten Bandung ini melalui website dan medsos BKPSDM atau bisa langsung datang ke kantor BKPSDM Kabupaten Bandung langsung," pungkasnya. (mud)

Bandung Dapat Kuota 868 Posisi

Pemerintah membuka kembali pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendapat jatah formasi untuk 868 posisi.

Dari jumlah itu, 70 persennya atau 602 posisi untuk formasi guru. Sisanya dibagi dua untuk formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Formasi tenaga kesehatan mendapat 131 posisi, sementara tenaga teknis mendapat 135 posisi.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Bandung, Yayan Ahmad Briliyana, mengatakan, 2 persen dari jatah formasi (16 orang) disiapkan untuk diisi penyandang disabilitas. Selain itu, disediakan pula jalur khusus bagi lulusan terbaik (cumlaude) dari sejumlah universitas. Akses spesial juga diberikan kepada peserta diaspora (orang Indonesia yang sedang merantau dari luar negeri).

Halaman
1234
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved