Perjuangan Kakek Satu Cucu Mantan Penderita Stroke Berjalan Kaki dari Bandung ke Jakarta

aksi jalan kaki dari Bandung menuju Jakarta dengan membawa misi 'sebarkan optimisme sembuh bagi penderita stroke

Perjuangan Kakek Satu Cucu Mantan Penderita Stroke Berjalan Kaki dari Bandung ke Jakarta
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Komaruddin Rahmat (65) saat berjalan di Jalan Gadobangkong, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (25/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribun, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, NGAMPRAH - Langkah seorang kakek yang merupakan mantan penderita stroke Komaruddin Rahmat (65) tampak begitu kuat saat berjalan kaki melintasi Jalan Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (25/10/2019).

Di bawah terik sinar matahari, kakek asal Bekasi yang memiliki satu anak dan satu cucu ini, juga terlihat semangat dan tanpa lelah menyusuri jalan raya yang saat itu lalu lintas di Jalan Gadobangkong dipadati kendaraan.

Perjalanannya itu, untuk menjalankan aksi jalan kaki dari Bandung menuju Jakarta dengan membawa misi 'sebarkan optimisme sembuh bagi penderita stroke'. Dia memakai baju berwarna merah bertulisan 20 Oktober 2019 Hari Stroke Sedunia.

Tak heran sejumlah pengendara banyak yang memalingkan pandangannya ketika Komaruddin berjalan kaki sambil menggenggam bendera merah putih dan mengenakan topi untuk melindungi kepalanya dari terik sinar matahari.

Langkahnya begitu teratur, meski kakek kelahiran 25 Maret 1954 itu pernah mengalami stroke pada tahun 2012 lalu dan pada enam bulan yang lalu, penyakitnya sudah sembuh total dan bisa berjalan kembali.

Komaruddin mengatakan, saat itu pembuluh darahnya yang pecah membuat tubuhnya lumpuh sebelah dan kerap merasakan kesemutan parah pada kakinya, bahkan ia pun tak bisa menelan air liur, serta matanya pedih tak karuan.

"Kemudian saya berhasil pulih total, lalu berinisiatif untuk membuat kampanye sadar stroke dan menyebar optimisme sembuh. Saya bulatkan tekad untuk melakukan long march Bandung menuju Jakarta dengan biaya sendiri," ujarnya saat ditemui di Gadongbangkong.

Viral Video Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Dimarahi Warga, Ini yang Jadi Gara-garanya

17 Hari Diculik, PNS Kementerian PU Ditemukan Tewas dengan Tubuh Dicor Kaki Terikat di Samping Makam

Gelandang Muda Persib Bandung Beckham Putra Berpeluang Besar Tampil di Piala Dunia U-20 2021

Sebelum menjalankan aksinya ini, ia juga pernah melakukan beberapa kali try out dengan berjalan kaki dari Bekasi ke Kota Tua, Jakarta, lalu dari Bekasi ke Monas sebagai persiapan long march kali ini yang mengambil rute, dari Gedung Sate Bandung, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat dan Purwakarta.

"Untuk persiapan long march kali ini, saya sudah melakukan persiapan try out jalan kak sehari minimal 12 Kilometer," katanya.

Halaman
12
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved