Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U20

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, 4 Stadion yang Dipakai Ada di Jabar, Ridwan Kamil Bahagia

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengaku sangat senang stadion sepak bola di Jabar akan digunakan untuk ajang sepakbola dunia. "Alhamdulillah. Kami sanga

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20,  4 Stadion yang Dipakai Ada di Jabar, Ridwan Kamil Bahagia
PSSI.ORG
Timnas U16 Indonesia 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengaku sangat senang stadion sepak bola di Jabar akan digunakan untuk ajang sepakbola dunia. "Alhamdulillah. Kami sangat mendukung. Tentunya kita akan persiapkan," katanya di Gedung Pakuan, Kamis (24/10/2019).

Namun, kata Emil, penyiapan stadion tersebut tidak lepas dari peran pemerintah pusat. "Biasanya suka ada anggaran dari pusat ya untuk meng-upgrade standar stadionnya menjadi berkelas internasional," ujarnya.

Emil berharap, nantinya, Jabar menjadi tuan rumah paling mengesankan di ajang Piala Dunia U-20 tersebut. "Kita ramaikan, kita dukung dengan cara-cara supaya Jabar jadi tuan rumah paling mengesankan selama Piala Dunia usia 20," katanya.

Ada empat stadion yang harus disiapkan di Jabar untuk persiapan perhelatan akbar tersebut. Keempat stadion tersebut adalah Stadion Pakansari (Cibinong), Stadion Patriot (Bekasi), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), dan Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung).

Pekerjaan Rumah

Indonesia memiliki banyak pekerjaan rumah setelah memenangkan bidding (penawaran) sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Selain merenovasi sejumlah stadion yang akan jadi tempat penyelenggaraan, Indonesia harus mengebut pembangunan lapangan untuk latihan tim-tim peserta.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Ratu Tisha kepada Tribun Network beberapa waktu lalu. Ratu mengatakan, perwakilan FIFA, induk sepak bola dunia, sempat datang ke Indonesia untuk menyurvei beberapa stadion yang akan digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan. Ratu menuturkan, perwakilan FIFA merasa puas terhadap kesiapan fasilitas stadion Indonesia.

Namun, ada beberapa catatan dari FIFA terkait dengan pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah. Satu di antaranya adalah jumlah lapangan latihan di setiap stadion utama yang masih minim.

"Dari hasil perbincangan mendalam dengan beberapa pemerintah kota dan kabupaten setempat yang kami tunjuk, terutama Solo, Yogyakarta, Bali, Surabaya, serta pairing selain Jakarta-Bogor, yang paling urgen adalah lapangan latihan," kata Tisha.

BREAKINGNEWS Ledakan Dalam Mobil Kagetkan Warga Ciranjang, Kapolres: Laporan Sementara Itu Bukan Bom

Refrizal, anggota Komisi Eksekutif PSSI, membenarkan hal tersebut. Refrizal berharap pemerintah pusat dan daerah mulai fokus membenahi area-area yang dinilai masih kurang. Menurut Refrizal, pihaknya telah mengimbau pemerintah kota dan daerah untuk membangun lapangan latihan selain membangun stadion.

Halaman
123
Editor: Januar Pribadi Hamel
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved