Gunung Putri Terbakar, Selama Kemarau Sudah Ratusan Hektare di Garut Terbakar

Gunung Putri di Kecamatan Tarogong Kaler dilanda kebakaran. Asap kebakaran Gunung Putri terlihat dari kawasan Garut Kota

Gunung Putri Terbakar, Selama Kemarau Sudah Ratusan Hektare di Garut Terbakar
ISTIMEWA
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNCIREBON.COM, GARUT - Gunung Putri di Kecamatan Tarogong Kaler dilanda kebakaran. Asap kebakaran Gunung Putri terlihat dari kawasan Garut Kota.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan pihaknya masih berupaya melakukan pemadaman di Gunung Putri. Lokasi Gunung Putri berada di samping Gunung Guntur.

"Proses pemadaman masih dilakukan dari BPBD, TNI, Polri, Disdamkar, dan relawan. Area yang terbakar belum bisa dihitung. Masih menyala apinya," ucap Tubagus saat dihubungi, Kamis (24/10/2019).

Selain di Gunung Putri, sejak Senin (21/10/2019) sudah ada empat titik lain yang mengalami kebakaran, yakni di Kecamatan Pamulihan, Pasir Bajing Banyuresmi, Gunung Masigit Cihurip, dan Hutan Sancang Cibalong.

"Untuk besaran yang terbakar bervariatif. Paling kecil itu empat hektare sampai delapan hektare. Kawasan yang terbakar itu ada yang ilalang, tanaman palawija, sampai pohon tegakan di lahan Perhutani dan BKSDA," katanya.

Tubagus menyebut, luasan area yang terbakar selama kemarau di Kabupaten Garut sekitar 100 hektare. Luasnya area yang terbakar menurutnya terjadi karena beberapa faktor.

"Kami kesulitan dalam memadamkan api karena akses medan yang sulit dijangkau. Ditambah sumber air juga susah," ucapnya.

Gunung Tampomas Sumedang Terbakar

Kobaran api di Gunung Tampomas, Kabupaten Sumedang, terlihat menyala bahkan dari kejauhan, Selasa (22/10/2019).

Halaman
12
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved