Pernah Jadi Pusat Perekonomian, Stasiun Paoman Resmi Ditutup Pada tahu 1978 Karena Alasan Ini

Pernah Jadi Pusat Perekonomian, Stasiun Paoman Resmi Ditutup Pada tahu 1978 Karena Alasan Ini.

Pernah Jadi Pusat Perekonomian, Stasiun Paoman Resmi Ditutup Pada tahu 1978 Karena Alasan Ini
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Stasiun Paoman yang dahulu dibangun oleh perusahaan Staatspoorwegen (SS) untuk melayani angkutan barang hasil bumi pada tahun 1912 yang terletak di Kelurahan Paoman, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Minggu (20/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Stasiun Indramayu atau yang lebih dikenal masyarakat sekitar dengan sebuatan Stasiun Paoman ini menjadi catatan sejarah dari perkembangan pusat perekonomian yang pernah ada di Kabupaten Indramayu.

Stasiun ini dahulu dibangun oleh perusahaan Staatspoorwegen (SS) untuk melayani angkutan barang hasil bumi pada tahun 1912.

Warga setempat, Sikin (55) mengatakan, meski menjadi pusat perekonomian kala itu, namun pada tahun 1978 Stasiun Paoman resmi ditutup pengoperasiannya.

Stasiun Paoman Indramayu, Tapak Tilas Perkeretaapian di Pulau Jawa Yang Kini Sudah Tidak Aktif

"Sejak ada kecelakaan dahulu tahun 1978 antara kereta dengan bus, stasiun ini lalu ditutup oleh PT KAI," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Minggu (20/10/2019).

Dirinya mengisahkan, Stasiun Paoman adalah stasiun yang menghubungkan antara Indramayu selaku pusat kota untuk mengirimkan berbagai barang hasil bumi ke Stasiun Jatibarang.

Dari sana beragam hasil bumi Indramayu dikirim lagi ke berbagai daerah, seperti Cirebon, Jakarta, dan daerah-daerah lain.

Tidak hanya itu, Stasiun Paoman juga berfungsi sebagai stasiun yang melayani naik turun penumpang.

"Nah waktu itu ada kejadian itu, kalau tidak salah tidak ada korban jiwa, tapi tetap pengoperasiannya ditutup," ucapnya.

Penutupan Stasiun Paoman itu juga didasari dengan alasan tidak adanya palang perlintasan di jalur sepanjang kurang lebih 19 kilometer dari Indramayu menuju Jatibarang kala itu.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved