Diberhentikan Era Gubernur Ahok, Kini Bus Transjakarta dari Tiongkok Ini Kembali Jalan, Kok Bisa?

Transjakarta kembali mengoperasikan bus jenis articulated merek Zhong Tong pada Jumat (11/10/2019) lalu

Diberhentikan Era Gubernur Ahok, Kini Bus Transjakarta dari Tiongkok Ini Kembali Jalan, Kok Bisa?
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Bus Transjakarta jenis articulated dengan merek Zhong Tong melintas di sekitar kawasan Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (17/10/2019). 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Transjakarta kembali mengoperasikan bus jenis articulated merek Zhong Tong pada Jumat (11/10/2019) lalu.

Pengoperasian bus asal negeri Tiongkok ini pun menuai kontroversi.

Pasalnya, bus merek Zhong Tong sempat diberhentikan operasionalnya saat zaman Gubernur, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok.

Saat itu, Ahok menilai bus ini tidak layak lantaran beberapa kali mengalami gangguan hingga sempat terbakar pada 8 Maret 2015 lalu.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo mengatakan, pengoperasian bus merek Zhong Tong ini untuk menjalankan putusan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) pada 2018 lalu.

"Pengoperasian ini adalah untuk menjalankan keputusan inchraacht BANI atas kontrak wanprestasi PPD tahun 2013 lalu kepada Transjakarta yang baru diputuskan tahun 2018," ucapnya, Rabu (16/10/2019).

Dijelaskan Nadia, tahun 2013 lalu, Transjakarta menjalin kerjasama dengan PPD untuk menyediakan 59 unit bus jenis articulated (bus gandeng).

"Sampai tahun 2014 unit bus tersebut tidak hadir sehingga jumlah denda penalti menggunung dan terjadi dispute," ujarmya saat dihubungi TribunJakarta.com.

Perselisihan antarkedua pihak ini pun langsung dibawa ke BANI pada 2016 lalu dan putusannya baru terbit pada 2018.

"Isinya Transjakarta menjalankan kontrak sesuai yang disepakati tahun 2013 dan PPD tetap membayarkan penalti atas wanprestasinya menyiapkan armada tepat waktu," kata Nadia.

Halaman
123
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved