Belum Ada Rencana Ingin Rekreasi Ke Mana? Yuk Coba Kunjungi Destinasi Wisata di Cirebon Ini

Sebelum mampir ke Kota Cirebon, tak ada salahnya untuk berkunjung ke wisata alam Batu Lawang. Tempat wisata ini dibuka pada 2016

Belum Ada Rencana Ingin Rekreasi Ke Mana? Yuk Coba Kunjungi Destinasi Wisata di Cirebon Ini
(KOMPAS.com/Muhamad Syahri Romdhon)
Sejumlah pengunjung menikmati lokasi wisata alam Batu Lawang di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu Pagi (18/3/2018). Lokasi yang baru aktif satu tahun ini memiliki ciri khas pemandangan alam Kota Kabupaten Cirebon dari atas, suasana alam yang sejuk asri, dan bebatuan dan tebing menjulang. 

TRIBUNCIREBON.COM - Sebelum mampir ke Kota Cirebon, tak ada salahnya untuk berkunjung ke wisata alam Batu Lawang. Tempat wisata ini dibuka pada 2016 dan menjadi tempat wisata yang terkenal di daerah Cirebon. Batu Lawang berlokasi Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Foto-foto Batu Lawang kerap bersileweran di feed Instagram. Ya, tempat wisata ini beberapa waktu belakangan nge-hits di kalangan traveler.

"Kalau orang dulu bilangnya dulu Batu Lawang ini adalah gerbang menuju sesuatu," kata pengelola Batu Lawang, Badai, kepada Kompas.com saat ditemui dalam perjalanan Merapah 5 Warisan Budaya Batik, Cirebon, Senin (7/10/2019).

Menurut Badai, legenda tersebut ada karena pahatan alami dari tebing batu di Batu Lawang menyerupai sebuah gerbang besar. Beda dengan zaman dahulu, Batu Lawang kini diminati sebagai obyek wisata. Di sini wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti bermain ATV, flying fox, atau berfoto selfie di anjungan foto yang tersedia.

Fasilitas wisata di Batu Lawang terbilang lengkap, tersedia toilet, warung makan, dan mushola. Saat ini akses menuju Batu Lawang terbilang lebih baik, dibanding ketika baru dibuka. Jalannya sudah diaspal mulus dan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

Meski begitu jalurnya terbilang sempit dan akan cukup menantang jika dilewati pada hari libur. Batu lawang buka dari pukul 06.00-18.00. Untuk masuk ke Batu Lawang dikenakan biaya Rp 5.000 per orang, parkir mobil Rp 5.000, dan parkir motor Rp 3.000.

Batu Lawang, Cirebon.
Batu Lawang, Cirebon. ((Kompas.com/Silvita Agmasari))

Dari Jakarta, Batu Lawang dapat ditempuh selama empat jam berkendara. Sedangkan dari Kota Cirebon, Batu Lawang dapat ditempuh selama satu jam berkendara.

Rekomendasi Wisata di Kabupaten Cirebon

Kabupaten Cirebon, menjadi salah satu kota pilihan di wilayah barat Provinsi Jawa Barat yang paling banyak disinggahi oleh masyarakat dari luar kota dibandingkan kota lainnya di wilayah 3 Cirebon.

Bila berencana datang ke Kabupaten Cirebon, tak ada salahnya mengunjungi sejumlah tempat wisata dan sayang bila dilewatkan begitu saja.

Halaman
1234
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved