KABAR GEMBIRA, 2020 Sistem Pembayaran Tol Bisa Gunakan Kartu Kredit dan Debit Loh

Realiasi penerapan tenologi Multi Lane Free flow (FLFF) atau sistem pembayaran tol tanpa tapping digerbang tol bakal terlaksana pada 2020

KABAR GEMBIRA, 2020 Sistem Pembayaran Tol Bisa Gunakan Kartu Kredit dan Debit Loh
Antara
Petugas mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Cikampek Utama KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). PT Jasa Marga (Persereo) Tbk memberlakukan sistem satu arah (one way) sejak pukul 14:05 WIB untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang dimulai dari gerbang tol Kalikangkung KM 414 hingga gerbang tol Cikampek Utama KM 70 yang rencananya akan diberlakukan hingga Minggu (9/6/2019). 

TRIBUNCIREBON.COM - Realiasi penerapan tenologi Multi Lane Free flow (FLFF) atau sistem pembayaran tol tanpa tapping di gerbang tol bakal terlaksana pada 2020. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko mengatakan, sistem pembayaran yang tadinya berupa chip based akan digeser menjadi server based. Sehingga harapannya, transaksi di gerbang tol bisa dilakukan lebih cepat.

"Nanti uang elektronik, tapi bentuknya server base. Kalau server base kan bisa melalui kartu maupun handphone. Jadi tinggal lewat aja nanti," ujar Onny di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Onny mengatakan, saat ini pihak Kementeruan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) masih dalam proses menentukan teknologi yang cocok untuk diterapkan dalam MLFF.

"Tapi sekarang ini sudah uji coba kok. Teknologinya masih d?icari yang mana yang terbaik," ujarnya.

Nantinya, sistem pembayaran berdasarkan server tersebut bakal terhubung pada uang elektronik pengguna yang tersambung dengan kartu debit atau kartu kredit pengguna. Tujuannya, agar ketika saldo tak mencukupi saat melintasi tol, uang yang ada di kartu kredit atau debit yang nantinya akan terpotong.

"Nanti akan terhubung ke kartu debit atau kredit. Jadi kalau saldonya (uang elektronik) kurang, jalan terus," ungkap Onny.

Saat ini pembayaran tol masih menggunakan uang elektronik chip base yang tertanam di kartu prabayar, yakni e-money (Bank Mandiri), Flazz (BCA), Brizzi (BRI), dan Tap Cash (BNI).

Aturan Berkendara Saat Berada di Jalan Tol

 Ketika mengemudikan mobil di jalan tol, Anda harus paham dan mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Salah satunya, yakni mengenai batas maksimum dan minimum kecepatan karena bersangkutan dengan keamanan dan kenyamanan. Perlu diketahui bahwa batas kecepatan di jalan tol paling rendah 60 kpj, sementara batas maksimal, yaitu 100 kpj.

Ketentuan itu sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Halaman
123
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved