Luas Lahan Terbakar di Kawah Putih Ciwidey Sudah Mencapai 16 Hektare, 3 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

Luas Lahan Terbakar di Kawah Putih Ciwidey Sudah Mencapai 16 Hektare, 3 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

Luas Lahan Terbakar di Kawah Putih Ciwidey Sudah Mencapai 16 Hektare, 3 Unit Mobil Damkar Dikerahkan
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Sekitar 10 hektare lahan kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey terbakar, Senin (7/10/2019) sore. Sampai Selasa (8/10/2019) api masih berkobar. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNCIREBON.COM, RANCABALI - Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung menerjunkan 3 unit mobil damkar dan 20 anggotanya dalam pemadaman api di hutan dan lahan di Kawah Putih, Rancabali, Kabupaten Bandung, Rabu (9/10/2019).

"Termasuk tangki PUTR (Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) kami juga memanggil satu unit dari Pos Cicalengka untuk diperbantukan,"

"Supaya bisa dalam posisi dua arah karena informasi di lapangan itu jalaran api mengarah ke dua arah," tutur Kadisdamkar Kabupaten Bandung Kawaludin di Kawah Putih tadi siang.

Helikopter Water Bombing Baru Datang Rabu Sore, Api Masih Menyala di Puncak Mega dan Kawah Putih

Kawaludin berharap dengan penambahan personil dan unit pemadam dari damkar ini bisa beroperasi di dua arah sesuai jalaran api.

Dia juga berjanji dalam waktu dekat akan menambah kekuatan untuk berusaha memadamkan api di Kawah Putih.

"Informasi dari Kepala Departemen Perhubungan Hutan itu 16 hektar (lahan terbakar). Kemungkinan sekarang sudah bertambah lagi karena dilihat dari jalaran api sudah merambat lagi," katanya.

Kadiskar juga mengakui jika upaya pemadaman api di Kawah Putih sangat menyulitkan tim gabungan.

Sehingga Damkar perlu menambah kekuatan selang di pos-pos Damkar tanpa meninggalkan kekuatan Damkar untuk siaga di daerah permukiman.

"Kendalanya karena cakupan kebakaran itu cukup luas. Kemudian jangkauan dari kendaraan suplay itu cukup jauh di atas 500 meter. Ini memerlukan panjang selang yang luar biasa sehingga perlu menambah kekuatan selang," tambahnya.

Kawaludin mengungkap sudah ribuan air digunakan dalam upaya pemadaman tersebut. Damkar Kabupaten Bandung sudah dioperasikan sejak 3 hari lalu. (mud)

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved