Karhutla

VIDEO Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan Kawah Putih Ciwidey, Area Kebakaran 10 Hektare

Kendalanya medan masih berat sehingga Damkar tidak bisa maksimal. Dan kami sudah meminta bantuan tapi ada tim yang sifatnya konvensiona

VIDEO Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan Kawah Putih Ciwidey, Area Kebakaran 10 Hektare
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Sekitar 10 hektare lahan kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey terbakar, Senin (7/10/2019) sore. Sampai Selasa (8/10/2019) api masih berkobar. 

Laporan Wartawan Tribun, Mumu Mujahidin

TRIBUNCIREBON.COM, RANCABALI - Tim gabungan Perhutani, TNI, Polri, Pemkab Bandung, masyarakat hutan, dan komunitas pecinta alam masih berjibaku memadamkan api yang masih menyala di lahan hutan Objek Wisata Kawah Putih, Rancabali, Kabupaten Bandung, Selasa (8/10/2019).

General Manager KBM (Kesatuan Bisnis Mandiri) Wisata Ecotourism Perhutani Unit III Jabar dan Banten Wismo Tri Kencono menuturkan sejak semalam api sudah berhasil dikendalikan di lokasi Sunan Ibu, namun api terus merembet ke lokasi Sunan Rama.

"Saat ini hasil koordinasi kami dengan Kapolres, Dandim, Perhutani, BPBD, Damkar. Tim kembali berangkat untuk menempati posnya masing-masing. Jadi kami akan mencoba mengendalikan api yang mengarah ke posisi Sunan Rama dan Cipanganten," tuturnya.

Iseng Lempar Sepatu Teman ke Danau, Dua Mahasiswa Malah Tewas Tenggelam, Padahal Sedang Ulang Tahun

HEADLINE TRIBUN JABAR: 2 hari Tidur di Bandara, Puluhan Pengungsi Wamena Asal Jabar Tiba Hari Ini

Menurutnya peristiwa kebakaran ini terjadi Senin (7/10/2019) sore sekitar pukul 14.00 WIB. Dan hingga saat ini api masih menyala di titik Sunan Rama.

"Api masih ada, tapi relatif sudah bisa dikendalikan terutama yang ke arah Sunan ibu. Luas lahan yang sudah terbakar kemarin malam itu kurang lebih 10 hektaran," ungkapnya.

Sejumlah petugas dan relawan berupaya memadamkan api yang membakar lahan dan hutan di kaki Gunung Malabar, Sabtu (5/10/2019).
Sejumlah petugas dan relawan berupaya memadamkan api yang membakar lahan dan hutan di kaki Gunung Malabar, Sabtu (5/10/2019). (Istimewa)

Sejak semalam tim gabungan sudah menurunkan 10 tim dengan jumlah personil 280 hingga 300 orang. Pemadaman api masih dilakukan dengan cara manual, dengan pembuatan ilaran (semak bakar).

"Kendalanya medan masih berat sehingga Damkar tidak bisa maksimal. Dan kami sudah meminta bantuan tapi ada tim yang sifatnya konvensional untuk pemadaman api dengan cara manual," katanya.

TONTON VIDEO KEBAKARAN KAWAH PUTIH DI SINI:

(mud)

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved