Kebakaran Lahan di Puncak Mega Malabar Sulit Dipadamkan, BNPB Akan Turunkan Helikopter Pembom Air

hari ini tim gabungan sebanyak kurang lebih 200 orang personel masih berjibaku berusaha memadamkan api di Petak 31A Puncak Mega yang sudah hampir ke G

Kebakaran Lahan di Puncak Mega Malabar Sulit Dipadamkan, BNPB Akan Turunkan Helikopter Pembom Air
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Salah satu helikopter jenis Bell saat pengambilan air di Situ Cikuda, Sabtu (10/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun, Mumu Mujahidin

TRIBUNCIREBON.COM, RANCABALI - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menerjunkan helikopter untuk pemadaman kebakaran di Petak 31A Puncak Mega Malabar, Kabupaten Bandung, Rabu (9/10/2019).

Kepala Adm KPH Bandung Selatan Tony Sumarto mengungkapkan masih ada titik-titik api di lokasi Puncak Mega. Namun api sudah dapat terlokalisasi sehingga tidak menyebar.

"Karena kami sudah melalukan pembatasan dengan membuatkan semak bakar. Nah Insya Alloh besok akan ada helikopter dari BNPB untuk pengeboman (air) karena sulit (pemadaman) terjal dan tidak bisa dijangkau oleh manusia," tuturnya melalui telepon seluler, Senin (8/10/2019).

Tedy mengaku pihak Perhutani melalui Pemkab Bandung sudah berkoordinasi dengan BNPB terkait helikopter tersebut. Dirinya berharap besok tidak ada halangan dalam penerjunan helikopter tersebut.

"Untuk besok kami masih menunggu arahan teknis dari BNPB bagaimana, karena mereka yang lebih tahu. Yang jelas kami di lapangan sudah upayakan semaksimal mungkin yang bisa kami lakukan," tuturnya.

Tedy juga menambahkan hari ini tim gabungan sebanyak kurang lebih 200 orang personel masih berjibaku berusaha memadamkan api di Petak 31A Puncak Mega yang sudah hampir ke Gunung Puntang.

VIDEO - DOR! Polisi Tembak 6 Orang Pelaku Curanmor di Indramayu, Biasa Curi Motor di Perumahan

Sering Cap Orang dengan Sebutan Dungu, Terbongkar Ternyata Rocky Gerung Tak Lulus di 4 Jurusan

"Area terdampak enggak meluas masih di angka 26 hektaran, karena kami sudah bikin semak bakar itu di lokasi. Masih ada titik api tapi dapat terlokalisir agar api tidak menyebar," ujarnya.

Tedy berharap Gunung Puntang juga segera diguyur hujan seperti ti Kawasan Objek Wisata Kawah Putih, sehingga dapat membantu pemadaman titik-titik api di Petak 31A.

"Tadi kami pantau di update terakhir masih mendung saja di Gunung Puntang, belum turun hujan seperti di Kawah Putih, doakan saja segera turun hujan saja," kata Tedy.

Halaman
123
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved