BREAKINGNEWS Puncak Mega Gunung Puntang Terbakar Api Merembet dari Kebakaran Lahan di Gunung Malabar

, petugas cukup kesulitan dalam melakukan pemadaman karena posisi api berada di tebing. Selain itu medan cukup curam jadi sulit

BREAKINGNEWS Puncak Mega Gunung Puntang Terbakar Api Merembet dari Kebakaran Lahan di Gunung Malabar
Istimewa
Sejumlah petugas dan relawan berupaya memadamkan api yang membakar lahan dan hutan di kaki Gunung Malabar, Sabtu (5/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribun, Mumu Mujahidin & Mega Nugraha

TRIBUNCIREBON.COM, CIMAUNG - Kebakaran lahan gambut yang terjadi di Gunung Malabar, Kecamatan Arjasari merambat ke Gunung Puntang, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Minggu (6/10/219) malam.

"Iya tepatnya tadi malam sekitar pukul 10 malam. Puncak Mega di Gunung Puntang terbakar, api berasal dari Arjasari, Gunung Malabar," kata Kapolsek Cimaung Iptu Joko Prihatin melalui telepon seluler, Senin (7/10/2019).

Menurutnya, lahan yang terbakar itu berupa lahan gambut di Puncak Mega. Lahan tersebut terbakar karena api dari Gunung Malabar tertiup menjalar ke arah Gunung Puntang.

"Tim gabungan sekitar 40 orang sudah naik untuk melakukan pemadaman sejak semalam. Rencananya hari ini juga akan menaikkan tim," tuturnya.

Pihaknya menyebutkan, petugas cukup kesulitan dalam melakukan pemadaman karena posisi api berada di tebing. Selain itu medan cukup curam jadi sulit melakukan pemadaman.

"Hari ini kami masih melakukan pemadaman, semoga api cepat padam. Untuk penyebab kebakaran kami belum dapat menyimpulkan karena apa, karena api berasal dari Gunung Malabar," ujarnya.

Di tempat terpisah, Administratur KPH Perhutani Bandung Selatan, Tedy Sumarto mengatakan bahwa proses pemadaman kebakaran di Gunung Malabar terus dilakukan.

"Topografi lokasi kebakaran menyulitkan pemadaman sehingga pemadakan dilakukan manual. Pemadaman dilanjutkan sejak pagi hari ini,"ujar Tedy via ponselnya, Senin (7/10).

Foto Terbaru Agnez Mo Panen Hujatan, Netizen Sebut Agnez Sengaja Pamer Belahan Dada, Benarkah?

Kisah Eks Romusha Berusia 110 Tahun Asal Purwakarta, Dipaksa Bikin Jalan dan Gua Tanpa Makan Minum

‎Ia mengatakan, kebakaran lahan itu terjadi di sekitar salah satu puncak di Gunung Malabar yang bisa diakses dari Bumi Perkemahan Gunung Puntang. Lokasi kebakaran berada di lereng-lereng tebing.

"Karena medan yang terjal, maka pemadaman dilakukan dengan membuat parit diatas Puncak Gunung. Yang terbakar berupa alang-alang dan sebagian pohon Kaliandra," ujar Tedy.

Titik api di Gunung Malabar yang berada di medan curam sehingga sulit dijangkau petugas.
Titik api di Gunung Malabar yang berada di medan curam sehingga sulit dijangkau petugas. ((Dok. Perhutani Jabar Banten))

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung, Enjang Wahyudin menambahkan, lokasi kebakaran berada di dekat lokasi Puncak Mega di atas Gunung Puntang.

Puncak Mega ini merupakan spot favorit tujuan pendakian yang bisa diakses dari Gunung Puntang di Kecamatan Cimaung dan dari Leuweung Tiis, Kecamatan Arjasari.

"Luas yang terbakar sekitar 10 hektare berada di sekitar Puncak Mega. Sampai hari ini pemadaman terus berlangsung," ujar dia. (mud/meg)

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved