2 Bangunan Heritage di Rancaekek Terbakar, Satu Bangunan Diduga Ditempati Mertua Artis

‎Api membakar dua bangunan heritage milik PT Telkom di Jalan Radio I di Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

2 Bangunan Heritage di Rancaekek Terbakar, Satu Bangunan Diduga Ditempati Mertua Artis
Istimewa
Bangunan heritage di Rancaekek terbakar 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNCIREBON.COM,BANDUNG - ‎Api membakar dua bangunan heritage milik PT Telkom di Jalan Radio I di Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung pada Sabtu (5/10) sekitar dini hari dan bisa dipadamkan sekitar pukul 03.00.

Dua rumah yang terbakar milik Tn Yaya dan Ny Devi yang masing-masing menempati rumah berukuran 70 meter persegi.

"Kejadiannya sekitar pukul 01.00. Api dipadamkan sekitar pukul 02.30. Yang terbakar dua rumah dinas Telkom," ujar Agus, petugas pemadam kebakaran pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung, saat dihubungi. 

Dua rumah tersebut masih berarsitektur klasik. Sebagian bagian rumah masih terbuat dari kayu jati. Bangunan tersebut berdiri sekitar 1940-an, bersamaan dengan beroperasionalnya Radio Puntang bikinan Belanda pada 1930-an. 

Kawasan itu juga dulu sempat berdiri stasiun pemancar dari Radio Puntang. Stasiun pemancar serupa didirikan di Kecamatan Dayehkolot, Kabupaten Bandung. Dari Radio Puntang itu, dikenallak komunikasi pertama nirkabel dari Indonesia  ‎ke Belanda, sehingga muncul istilah Halo..halo Bandung. 

"Dua rumah yang terbakar. Penyebabnya diduga karena korsleting listrik‎ dari salah satu rumah," ujar dia.

Siang ini, Muspika Kecamatan Rancaekek dan sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Bandung meninjau lokasi kebakaran. Peninjauan itu karena berkaitan dengan obyek yang terbakar berupa bangunan heritage dan mengandung nilai sejarah. 

"Di sana kan ada Museum Telkom. Kami meninjau ke sana untuk memastikan bangunan heritagenya tidak rusak semua dan bisa diperbaiki supaya tetap memiliki nilai sejarah," kata dia. 

Di sisi lain, informasi yang dihimpun, satu rumah yang terbakar diketahui rumah mertua artis Adjie Pangestu yang menempati rumah dinas tersebut. 

"Informasinya begitu tapi saya belum bisa pastikan," ujar dia. Seperti diketahui, pada 2017, Adjie Pangestu menikahi gadis berusia 22 tahun di Rancaekek, bernama Novita Petria. (*)

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved