Pemprov Jabar Kerjasama Pariwisata dengan Hotel & Restoran Indonesia, Demi Optimalkan BIJB

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengandeng Himpunan Hotel dan Restoran Indonesia untuk meningkatkan konsumsi

Pemprov Jabar Kerjasama Pariwisata dengan Hotel & Restoran Indonesia, Demi Optimalkan BIJB
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Penandatanganan kesepakatan kerjasama oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum dan perwakilan Himpunan Hotel dan Restoran Indonesia di Lapangan Atletik Sport Center Indramayu, Rabu (2/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengandeng Himpunan Hotel dan Restoran Indonesia untuk meningkatkan konsumsi pangan lokal dan promosi pariwisata, Rabu (2/10/2019).

Asisten Daerah II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Jabar, Eddy Nasution mengatakan, dijalinnya kerjasama ini untuk mengoptimalkan keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Hal tersebut dikarenakan meski sudah aktif beroperasi sejak beberapa bulan lalu. Namun, keberadaan BIJB dirasa belum memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian masyarakat sekitar.

"Bandara Kertajati sudah kita bangun, tanpa adanya daerah dukungan yang menarik untuk wisatawan itu susah," ujar dia kepada Tribuncirebon.com saat Perayaan Hari Pangan Sedunia Ke-39 di Lapangan Atletik Sport Center Indramayu.

Sehingga, daerah-daerah lain di Jawa Barat mesti dimaksimalkan peranannya terutama dari segi potensi wisata untuk menunjang kehadiran Bandara BIJB Kertajati.

"Cirebon banyak potensi wisatanya, Indramayu juga mungkin banyak, tinggal kita maksimalkan," ucap dia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kesepakatan kerjasama itu dilakukan Pemrov Jabar guna mengoptimalkan promosi potensi daerah dan peningkatan konsumsi pangan lokal.

"Hotel dan restoran ini memiliki kapasitas untuk mempromosikan destinasi wisata unggulan dan menyediakan berbagai jenis pangan lokal di Jawa Barat," ujar dia.

Uu Ruzhanul Ulum menjelaskan, dengan adanya kerjasama tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan komsumsi pangan lokal.

Hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya perekonomian petani dan para pelaku usaha olahan pangan lokal kreatif.

Tidak hanya itu, disebutkan Uu Ruzhanul Ulum, adanya kerjasama tersebut juga berimbas pada semakin dikenalnya destinasi-destinasi wisata yang ada di Jawa Barat.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved