Banyak Migran yang Mengalami Kasus Kekerasan, Begini Penanganan yang Dilakukan oleh Pemerintah

pihaknya juga bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk menindaklanjuti para migran yang pulang ke kampung halamannya.

Banyak Migran yang Mengalami Kasus Kekerasan, Begini Penanganan yang Dilakukan oleh Pemerintah
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, Edi Suharto (tengah). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sosial melakukan beberapa penanganan dalam kasus kekerasan yang dialami migran.

Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, Edi Suharto mengatakan pihaknya melakukan beberapa kegiatan yang dilakukan dalam menangani kasus kekerasan yang terjadi oleh migran di luar negeri.

Disebut dia, salah satu kegiatan yang dilakukannya, yaitu bekerja sama dengan kementerian luar negeri untuk terus memonitoring para migran agar tidak terjadi kasus kekerasan.

"Kalau dari luar negeri, kita melakukan beberapa kegiatan, yang pertama tentu kita tidak sendiri, terutama bekerja sama dengan kementerian luar negeri, jadi mereka-mereka yang mengalami masalah di sana oleh Kementerian luar negeri cepat ditangani," ujar Edi, Sabtu (28/9/2019).

Kegiatan bimbingan sosial dan modal usaha untuk para migran di Majalengka agar tidak kembali menjadi TKI.
Kegiatan bimbingan sosial dan modal usaha untuk para migran di Majalengka agar tidak kembali menjadi TKI. (TribunCirebon.com/Eki Yulianto)

Selain itu, Edi menyampaikan dalam menangani kasus kekerasan pada migran, pihaknya juga melakukan eko sosial di lokasi pemberhentian yang dilalui para migran sebelum pulang ke kampung halaman.

"Pada satu tempat tertentu, melalui lokasi contohnya di Pontianak atau Pelabuhan Tanjung Pinang, kita melakukan layanan-layanan eko sosial untuk menghilangkan trauma-trauma selama bekerja di luar negeri, sebelum dipulangkan ke tempat asal," ucap dia.

Lanjut Edi menyampaikan, pihaknya juga bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk menindaklanjuti para migran yang pulang ke kampung halamannya.

"Kenapa kita bekerja sama dengan Pemda setempat, agar para migran dapat ditangani dan di bina secara berkelanjutan," kata Edi. (*)

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved