Breaking News:

Suka Makan Cilok? Yuk Bikin Cilok Buatan Sendiri, Ini Resep Cara Membuat Cilok dan Beragam Variannya

Cilok yang terbuat dari sagu atau orang sunda biasa sebut aci, menjadi jajanan kaki lima yang cukup digemari, terutama oleh anak-anak.

Tribunnews.com
Beberapa Resep Cilok Makanan Khas Sunda, Gampang Buat Sendiri dan Dijamin Sehat! 

TRIBUNCIREBON.COM - Cilok yang terbuat dari sagu atau orang sunda biasa sebut aci, menjadi jajanan kaki lima yang cukup digemari, terutama oleh anak-anak.

Sayangnya, jika kita beli di luar, cilok belum tentu dibuat menggunakan saus atau bumbu yang sehat.

Dilansir dari TribunStyle ada resep cilok yang bisa dengan mudah kamu coba buat sendiri di rumah.

Rasanya nggak kalah lezat dari yang ada di pinggir jalan kok.

Tak hanya itu cilok sekarang sudah banyak varian lho.

Bisa dibilang sudah mengikuti perkembangan zaman yang membuat cilok di olah menjadi makanan yang khas dan lezat.

Dirangkum Melalui Cookpad, berikut Beberapa Resep Cilok:

1. Cilok Bumbu Kacang

Resep Cilok Bumbu Kacang
Resep Cilok Bumbu Kacang ((Cookpad))

Bahan yang diperlukan:

- 150 gr tepung sagu

- 150 gr tepung terigu serbaguna

- 2 batang daun bawang (bagian hijaunya), iris halus

- 2 siung bawang putih, haluskan

- Secukupnya garam, gula, kaldu bubuk sapi non MSG (kaldu bubuk biasa jg bisa) dan merica

- 300 ml air homemade kaldu daging/air biasa (bisa kurang bisa lebih)

Bahan Saos Bumbu kacang :

- 100 gr kacang tanah, goreng sampai matang, tiriskan sisihkan

- 2 siung bawang putih utuh, goreng sampai matang

- 4 buah cabai merah (atau sesuaikan selera)

- 2 lembar daun jeruk purut

- 200 ml air

- Secukupnya garam, gula, merica

- Secukupnya air perasan jeruk limau/nipis.

Cara Membuatnya:

1. Campur kan tepung terigu, tepung sagu, daun bawang iris aduk rata, sisihkan

2. Panaskan Air, tambahkan garam, gula, merica, bawang putih halus, kaldu bubuk dengan api sedang sampai mendidih

3. Tuang air rebusan ke dalam wadah tepung aduk pakai sendok kayu aduk rata sampai kalis

4. Panaskan air rebusan, sedikit minyak sampai mendidih, adonan yg sudah di bulatkan sampai mengapung, jgn langsung di angkat rebus sampai 10-15 menit, agar matang sampai ke dalam.angkat

5. Sambal : goreng kacang sampai matang, angkat

6. Goreng cabe + bawang putih, angkat

7. Blender kacang, cabe dan bawang putih, sisihkan

8. Panaskan minyak lalu tumis kacang, berik garam, gula, merica sampai minyaknya naik ke permukaan.

9 Tusuk cilok lalu siram dengan bumbu kacang.

2.  Cilok Dadar Lada Putih

Cilok Dadar Lada Putih
Cilok Dadar Lada Putih ((Cookpad))

Bahan yang diperlukan:

-2 bh bawang putih
-1 sdt Merica
-secukupnya Garam
-Secukupnya pengedap rasa (maggi)
-2 btr Telur
-2 gelas Tepung terigu
-1 gelas Tepung tapioka
-1 bh Daun bawang
-secukupnya Air

Cara membuat: 

Goreng telur dadar potong kecil-kecil untuk isian, sisihkan
Campur bumbu yang telah dihaluskan dengan tepung terigu, tepung tapioka, daun bawang yang telah diiris dan sedikit air hingga adonan tidak lengket serta bisa dibentuk
Bentuk bulat-bulat seluruh adonan, isikan dengan telur dadar yang telah disiapkan tadi.
Rebus air hingga mendidih, masukkan adonan cilok yang telah dibentuk, rebus hingga kurang lebih 10 menit. Angkat dan sajikan.

3. Cilok Isi keju 

Cilok Isi keju
Cilok Isi keju ((Cookpad))

Bahan yang diperlukan:

-200 gr tapioka
-300 gr terigu
-secukupnya Daun bawang
-500-530 ml air
-Secukupnya garam
-Bumbu yg di haluskan
-5 siung bawang putih
-1 butir kemiri
-1 sdt merica
-2 sdm rebon kering
-Keju (sesuai selera)

Cara membuat:

Didihkan 500 ml air di dalam wajan/teflon. Setelah mendidih masukkan bumbu halus, garam dan kaldu bubuk.
Masukkan terigu pada air bumbu yang mendidih lalu aduk hingga kental setengah kering. Matikan api lalu campur adonan dengan daun bawang. Aduk aduk dan biarkan setengah dingin.
Setelah adonan agak dingin, masukkan tapioka sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis.
Setelah kalis bulatkan dan isi dengan potongan keju. Ini yang isi keju
Sembari membulatkan adonan, panaskan air dalam panci untuk merebus adonan cilok.
Rebus cilok hingga mengapung, setelah mengapung tunggu 5 menit agar cilok matang sempurna. Lalu tiriskan.

Taraaa... Cilok kenyal empuk udah mateng. Sajikan dengan saus sambal, bumbu kacang atau apapun sesuai selera

4. Cilok-ba Crispy

Cilok-ba Crispy
Cilok-ba Crispy ((Cookpad))

Bahan yang diperlukan:

-100 gr tepung tapioka/kanji
-70 gr tepung terigu
-120 ml air mendidih
-1 sdt kaldu ayam bubuk
-1/2 sdt garam
-1 batang daun bawang
-1/4 sdt merica
-2 siung bawang putih haluskan (me: 1 sdt bawang putih bubuk)
-1 butir telur
-secukupnya Tepung panir
-Isian (me: keju dan ayam cincang pedas)

Anda Pecinta Mi? Cobain Deh Nih Bikin Maknyos Resep Mi Kocok Baso Sumsum Khas Bandung

Anda Suka Kuliner Pempek Palembang? Nih Cara Membuat Pempek Palembang yang Enak, Ayo Cobain di Rumah

Sensasi Makan Mie Kocok Baso Sumsum Porsi Banyak Racikan Tenan Mie Kocok Luna

Cara membuat:

Campur tepung terigu, tepung kanji, kaldu bubuk, garam, irisan daun bawang, merica bubuk, dan bawang putih. Aduk rata. Lalu beri air mendidih sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mulai bs diuleni. Ulen hingga kali.
Bulatkan lalu pipihkan dan beri isian. Sy beri isian keju dan ayam cincang pedas. Tutup dan bulatkan. Lakukan hingga adonan habis
Kocok telur dan siapkan tepung panir. Celupkan cilok dalam telur lalu gulirkan ke tepung panir kemudian goreng hingga matang. Lakukan hingga adonan habis
Cilok-ba bisa langsung dinikmati begitu aja atau dicocol saus. Disantap saat hangat paling bagus agar tetap crispy. (*)

Sumber: TribunStyle.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved