100 Pelaku UMKM Kenalkan Produk Kreatif di Gelar Produk & Temu Bisnis UMKM Juara Diskoperindag

100 Pelaku UMKM Kenalkan Produk Kreatif di Gelar Produk & Temu Bisnis UMKM Juara Diskoperindag

100 Pelaku UMKM Kenalkan Produk Kreatif di Gelar Produk & Temu Bisnis UMKM Juara Diskoperindag
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Bupati Indramayu, Supendi saat mengunjungi Event Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara di Kawasan Sport Center di depan Gor Dharma Ayu Kabupaten Indramayu, Minggu (22/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Melalui Kegiatan Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara, Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan Dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Indramayu kenalkan beragam produk kreatif para pelaku UMKM binaan.

Kegiatan itu dilaksanakan di Kawasan Sport Center tepatnya di depan Gor Dharma Ayu Kabupaten Indramayu, Minggu (22/9/2019).

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan Dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Indramayu, E Trisna Hendarin mengatakan, ada 100 pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Siap Tarik Wisatawan, Bupati Indramayu Rencana Hadirkan Kebun Binatang Mini di Hutan Kota Kayu Putih

"Ini baru 100 orang, kalau keseluruhan ada ribuan, tapi yang hadir di sini ialah UMKM yang sudah memiliki potensi dan kemauan," ujar dia kepada Tribuncirebon.com.

Pantauan Tribuncirebon.com di lokasi, ada banyak sekali ragam produk kreatif para pelaku UMKM di Kabupaten Indramayu, seperti kerajinan batik, beragam macam produk kerajinan olahan limbah kayu, olahan produk yang terbuat dari mangrove, olahan buah-buahan dan masih banyak lagi.

Tidak hanya menonjolkan produk kreatif, produk-produk itu pun ditunjang dengan kemasan yang menarik sehingga mampu menarik para pembeli untuk berkunjung.

Duel Sengit 3 Gim Lawan Kento Momota, Anthony Sinisuka Ginting Jadi Runner-Up di China Open 2019

Disampaikan E Trisna Hendarin, melalui event ini pihaknya berkomitmen ingin membantuk produk dari para UMKM di Kabupaten Indramayu untuk semakin berkembang, terutama dari segi promosi.

Bupati Indramayu, Supendi saat mengunjungi Event Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara di Kawasan Sport Center di depan Gor Dharma Ayu Kabupaten Indramayu, Minggu (22/9/2019).
Bupati Indramayu, Supendi saat mengunjungi Event Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara di Kawasan Sport Center di depan Gor Dharma Ayu Kabupaten Indramayu, Minggu (22/9/2019). (Tribuncirebon.com/Handhika Rahman)

Dirinya juga telah merencanakan berbagai event ekspedisi yang nantinya akan melibatkan para pelaku UMKM.

Salah satunya, yakni pihaknya akan menggelae event Dubai Festival dengan cakupan pangsa pasar internasional pada tahun depan.

"Kita mau para UMKM ini dikenal ke luar negeri. Dan sekarang juga sudah mulai kita bantu promosikan ke luar negeri baik melalui kedutaan besar di luar negeri maupun tamu-tamu (turis) yang datang ke Indramayu," ujar E Trisna Hendarin.

Siswi Ini Disetubuhi Paksa 6 Pria Secara Bergiliran, Kini Korban Hamil dan Pilih Tak Lanjut Sekolah

Selain itu, para produk kreatif ini oleh pihaknya juga ditekankan untuk mampu mempromosikan produksinya secara digitalisasi atau online melalui berbagai platform marketplace yang ada di Indonesia.

Hal tersebut, disampaikan E Trisna Hendarin, agar para pelaku UMKM bisa menjangkau pangsa pasar yang jauh lebih luas.

"Karena kalau manual itu sudah ketinggalan, sehingga dengan mereka sudah mampu belajar promosi secara online, insya Allah pembeli bukan hanya dari lokal Indramayu saja, bisa dari luar Indramayu atau luar Jawa Barat," ucap dia.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved