Breaking News:

Sambut Lonjakan Penumpang Akhir Tahun, BIJB Kertajati Siap Layani 6 Penerbangan Baru Oktober Nanti

Sebanyak enam penerbangan domestik baru segera hadir di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada Oktober 2019

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Tribun Cirebon.com/Eki Yulianto
Maskapai Lion Air di BIJB Kertajati 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Sebanyak enam penerbangan domestik baru segera hadir di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada Oktober 2019. Penambahan penerbangan ini untuk menyambut winter season atau lonjakan penumpang yang biasa terjadi pada masa libur akhir tahun.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari, mengatakan saat ini terdapat 9 rute penerbangan dengan total sebanyak 22 sampai 24 penerbangan atau flight di Bandara Kertajati.

Penerbangan ini dilayani maskapai Airasia dan Lion Air, setelah Garuda Indonesia dan Citilink menghentikan operasinya sementara di Kertajati pada Agustus lalu.

"Untuk Oktober, Lion Air sedang mengajukan izin untuk rute penerbangan baru, sebanyak 1 penerbangan, ke Palembang, yang tadinya dilayani Citilink," kata Hery saat ditemui di Kantor Dinas Perhubungan Jabar, Rabu (18/9).

Kemudian, katanya, Lion Air kembali meminta nambah frekuensi penerbangan yang sudah ada di Kertajati. Tadinya penerbangan ke Batam hanya sekali sehari, diminta menjadi 2 kali sehari. Hal serupa dilakukan terhadap rute ke Medan yang awalnya 1 penerbangan jadi 2 penerbangan, dan rute Denpasar dari 1 penerbangan jadi 3 kali penerbangan sehari.

"Semua mulai berlaku efektif Oktober. Total sekarang baru 22 sampai 24 flight, nanti 28 sampai 32 flight per hari, per Oktober. Jadi selain flight, nambah 1 rute baru. Tadinya 9 rute, jadi 10 rute," katanya.

Dengan demikian, nantinya rute Palembang akan bergabung bersama rute lainnya di Kertajati, yakni Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Lombok, Makassar, Medan, Pekanbaru, dan Surabaya.

Menanggapi penghentian penerbangan sementara Garuda Indonesia dan Citilink di Bandara Kertajati, Hery mengatakan hal tersebut adalah strategi bisnis yang dijalankan perusahaan pelat merah tersebut.

"Mereka sedang wait and see, karena mereka tidak pull out. Mereka hanya berhenti operasi sementara, sambil menunggu. Kami yakin akhir tahun mereka akan mengoperasikan penerbangan kembali karena permintaan akan sangat banyak. Lion dan Airasia akan kelabakan di peak season," katanya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved